Resep Homemade Gari, Acar Jahe Pelengkap Sushi Jepang!

Gari merupakan salah satu hidangan tsukemono yang terbuat dari jahe dengan menggunakan teknik pembuatan amazuzuke, di mana cairan acar yang digunakan berisi campuran gula, cuka dan sedikit garam. 

Resep gari, acar jahe sushi jepang (japanese ginger pickle)
Acar jahe gari (youtube/No recipes)

Kamu mungkin sering mencicipi acar jahe saat mengunjungi restoran jepang terutama sushi. Acar jahe ini memang termasuk acar oriental jepang yang nggak akan lengkap rasanya jika tidak ada di atas meja makan.

Acar jahe bisa berguna sebagai  mouthwashing atau pencuci mulut saat memakan sushi, apalagi sushi yang memang dikenal dengan hidangan lautnya yang masih mentah. Cita rasa acar jahe yang asam dan sedikit pedas akan bermanfaat buat kamu yang mungkin enek setelah memakan sushi. 

Sekarang, kamu nggak perlu lagi mengunjugi restoran jepang untuk mencicipi acar jahe karena olahan ini bis kamu buat  sendiri dengan mudahnya di rumah. Resep lengkap acar jahe jepang bisa kamu lihat di bawah ini, jangan lewatkan tips dan triknya, ya!

Catatan: artikel ini mengandung link produk afiliasi, jika kamu melakukan transaksi dengan link tersebut, kami akan mendapatkan komisi afiliasi. Terima kasih atas dukungannya.

Baca Juga: Fermentasi Laktat: Sejarah, Proses, Produk dan Manfaat Kesehatan

Bahan-bahan gari

Bahan utama:

  • 200 gr atau sekitar 3 batang jahe muda
  • 1-2 sdt garam

Bahan cairan acar (amazu):

  • 220 ml cuka
  • 8-10 sdm gula
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat gari 

  1. Kupas jahe hingga bersih dari kulitnya lalu iris tipis menggunakan parutan sayur serbaguna atau pisau manual.
  2. Taburi jahe dengan garam lalu aduk atau remas perlahan agar cairan jahe dapat keluar, diamkan sekitar 5 menit.
  3. Masak air hingga mendidih lalu tuang ke dalam campuran jahe dan garam. Diamkan sekitar 1-2 menit kemudian tiriskan hingga permukaannya agak kering.
  4. Buat laruran amazu dengan mencapur gula, cuka dan garam kemudian didihkan sekitar 0,5-1 menit. Diamkan selama beberapa saat agar suhunya menjadi hangat.
  5. Masukkan jahe ke dalam toples atau  container kaca makan miniso lalu tuang larutan amazu ke dalamnya.
  6. Diamkan acar jahe sekitar 4 jam dan acar akan berubah warna menjadi pink. Kamu bisa langsung menyajikannya atau disimpan dalam kulkas.
Resep gari, acar jahe sushi jepang (japanese ginger pickle)
Acar jahe gari jepang (youtube/cooking with dog)

Tips membuat gari

  1. Sterilisasi toples acar sebelum digunakan dengan cara didihkan selama beberapa menit.
  2. Acar jahe dapat bertahan selama beberapa bulan, pastikan kamu menyimpannya dalam kulkas dan setiap mengambil acar jahe gunakan alat yang steril.
  3. Penggunaan cuka akan sangat berpengaruh, secara tradisional masyarakat jepang menggunakan cuka beras (non halal) dalam pembuatan acar jahe, akan tetapi bisa menggunakan cuka jenis lainnya, cukup tambahkan lebih banyak gula untuk mengurangi tingkat keasamannya.

Informasi gizi gari

Acar jahe termasuk hidangan sehat yang rendah lemak. Setiap 90 gr acar jahe diestimasikan memiliki kandungan nutrisi sebagaimana tercantum di bawah ini.

  • Kalori 81 kkal
  • Lemak total 0.3g
  • Lemak jenuh 0.1g
  • Natrium 594mg
  • Karbohidrat total 17.7g
  • Serat Pangan 0.8g
  • Gula 11.7g
  • Protein 0.7g
  • Kalium 157.8mg

Saran penyajian gari

Tentu acar jahe ini bisa kamu nikmati sebelum, sesaat atau bersama sushi. Hidangan ini pun bisa jadi pencuci mulut yang segar banget di dilidah. Rasanya yang asam, manis, pedas dan sedikit pahit tentu menyajikan perpaduan rasa yang nendang.

Selain sushi, kamu bisa menyajikan acar jahe dengan sashimi, berbagai hidangan jepang atau pun dijadikan sebagai tambahan lauk sehari-hari. Jika dimakan secera rutin, hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi pencernaanmu.

Biar tidak repot, kamu bisa membuat acar jahe ini dengan porsi banyak karena proses penyimpanannya yang bisa sampai 6 bulan hingga 1 tahun. Jadi, kamu nggak perlu khawatir acar jahenya akan rusak. Cukup pastikan tempatnya tetap steril. Ayo, buat homemad gari, acar jahe yang cocok banget jadi pelengkap berbagai hidangan, nggak cuma sushi saja!

Baca Juga: Resep Sauerkraut, Acar Fermentasi Kubis ala Jerman

12 comments for "Resep Homemade Gari, Acar Jahe Pelengkap Sushi Jepang!"

Comment Author Avatar
horaaayyy ada resepnyaa
aku suka bgt acar jahe iniii
biasanya aku request pas beli masakan Jepang
Comment Author Avatar
Oh, namanya Gari ya.. si acar jahe ini.
Aku sebenernya gak suka jahe, tapi make a sense kalo makan ikan mentah, kudu ada Gari agar rasa amisnya (walau aku ga ngerasain amis sama sekali) bisa hilang. Selain itu juga jahe baik untuk kesehatan tubuh ya..

Cantik amat si Gari ini..
Penampilannya sekilas persis katsuobushi.
Comment Author Avatar
Woaah ini namanya acar jepang yaak. ga kebayang jahe dibikin acar gini, bener2 kreatif deh mereka hihi.. mau nyobaa tapi kok aku ngga suka jahe huhu
Comment Author Avatar
Kalau ada gari makin mantap makan sushi..memang paling dicari-cari nih si gari. Ternyata jika dimakan secera rutin, akan sangat bermanfaat bagi pencernaan...wah, mesti bikin sendiri nih
Comment Author Avatar
Sebagai penyuka acar pingin banget nyoba ini.. hangat banget ini kalau dibuat. Jahenya itu bikin enak dan sehat
Comment Author Avatar
Selalu out of the box resep Kakak ini, sukaaa🤩

Bisalah ni bagi penyuka acar bawa dulu dari rumah sebelum makan ke resto sushi wkwkwk
Comment Author Avatar
Penasaran sama rasa acar jahe nih. Asam pedas gtu atau gimana ya
Comment Author Avatar
Baru tahu ada acara Jahe. Jadi ini pelengkap sushi atau sashimi ya, mungkin biar nggak terlalu anyir gitu ya.
Comment Author Avatar
Aku belum pernah makan acar jahe. Tahunya yang mirip mirip manisan pala aku suka. Kalau ini ada asem manis dan pedasnya ya.
Comment Author Avatar
-ima

Saya baru tau ada menu makanan ini, menarik banget. Tapi gak kebayang rasanya gimana, anget-anget kecut gitu kali ya. Cocok sama menu makanan jepang yang amis-amis.
Comment Author Avatar
Aku paling suka pake acar jahe ini klo pas makan sushi. Rasanya enak, anget2 segar gitu di lidah.
Comment Author Avatar
Seger banget ya... Ternyata mudah membuatnya. Awet banget bisa sampai satu tahun