Resep French Toast Bayam, Sarapan Bergizi untuk Mulai Hari!

French toast dengan cita rasa gurih menjadi salah satu pilihan menarik untuk dijadikan menu sarapan simpel di pagi hari.

Resep french toast bayam, cocok jadi sarapan sehat
Ilustrasi french toast bayam (youtube/Rich and Delish)

Kamu yang menyukai berbagai olahan khas Prancis, mungkin familiar dengan french toast. Meski sebenarnya french toast tak benar-benar berasal dari Prancis. Berdasarkan sejarah, french toast ini telah ada sejak jaman Romawi pada abad ke-5. Hal ini berdasarkan rekaman kumpulan resep kunk yang ditemukan.

French toast ini memilki beberapa julukan lain seperti German toast, Eggy bread, French-fried bread, Gypsy toast, Poor Knights of Windsor, Spanish toast, Nun’s toast, dan Pain perdu yang berarti “lost bread” dalam bahasa Prancis.

Biasanya disajikan dalam sebagai dessert yang manis, french toast ini juga sangat cocok dengan cita rasa gurih. Dari berbagai isian french toast yang ada, bayam menjadi salah satu bahan isian yang tepat untuk french toast. Kamu yang ingin membuat kreasi french toast bayam bisa intip resep lengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan:

Bahan utama:
  • 6 lapis roti tawar/ 1 buah roti buttermilk/ 1 buah baguette
  • 3 butir telur
  • 1 gelas susu (250 ml)
  • 3 sdm mentega
  • 3 sdm saus marinar atau saus tomat atau saus sambal
Bahan isian:
  • 3-5 cup bayam, cincang
  • 10 sdm keju mozarella parut
  • 2 sdt minyak goreng
  • 1 sdm kemangi, cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • Garam dan lada secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan pan stainless ukuran 28 cm  lalu buat isian roti dengan menumis bawang putih cincang hingga harum, setelah itu masukkan bayam tumis, keju, kemangi, lada dan garam. Jangan lupa koreksi rasa.
  2. Buat french toast dengan memotong bagutte atau buttermilk bread dengan ketebalan sekitar 5 cm. Tiap irisan roti, kamu buat irisan lagi untuk tempat bahan isian. Jangan sampai ujung roti terputus. Jika menggunakan roti tawar lapis maka step ini bisa diskip.
  3. Masukkan 1-2 sdm bahan isian ke dalam roti. Jika menggunakan roti lapis maka taruh isian di permukaan roti lalu tutup dengan satu lapisan di atasnya menyerupai sandwich. Pastikan pencet di ke empat sisi roti lapis agar isian tidak meluber.
  4. Buat campuran telur, susu, garam dan lada di dalam piring cekung agar roti dapat tercelup sempurna, jangan lupa untuk dikocok merata.
  5. Celupkan roti pada campuran telur hingga semua bagian terlumuri.
  6. Panaskan mentega di atas pan stainless ukuran 20 cm hingga meleleh kemudian panggang roti hingga coklat keemasan pada kedua sisinya.
  7. Angkat lalu sajikan french toast bayam di atas plate dessert dengan saus marinara agar lebih kaya rasa dan cantik dari segi tampilan.
Resep french toast bayam, cocok jadi sarapan sehat
Ilustrasi french toast bayam (youtube/CookNSew)

French toast dengan isi bayam bisa nih dijadiin ide bekal anak yang lezat, terutama untuk menyiasati anak-anak yang masih sering malam makan olahan sayur. Apalagi bayam dikenal sebagai superfood yang terbilang sangat ekonomis. 

Untuk olahan roti menarik lainnya bisa banget untuk mencoba resep Kulit Roti Gulung Krispi, Roti Gulung Nangka dan Lobster Roll Sandwich. Selain itu, ada juga french toast simpel pakai santan di sini. Yuk, sajikan french toast isi bayam dan berbagai olahan roti di atas, kreasikan sesuai selera dan nikmati kelezatannya di setiap gigitan!

Artikel di atas mengandung link produk afiliasi. Jadi, ketika kamu membeli sesuatu melalui link tautan tersebut, kami mendapat komisi afiliasi. Terima kasih telah mendukung Allamandawi. 

13 comments for "Resep French Toast Bayam, Sarapan Bergizi untuk Mulai Hari!"

Comment Author Avatar
anakku sukaaaa bgt french toast
kasih sayur makin siipp ya.
bergizi
Comment Author Avatar
Jadi isian bayam ini gak bener-bener dari Prancis ya..
Yang enak mungkin pakai bayam khas Lombok yang disebut plecing. Mantap betul.. memasak French Toast Bayam untuk menu sahur dan berbuka.
Comment Author Avatar
Aduh mantap banget itu. Lelehannya bikin gak nahan ... Selama ini gak kepikiran bikin toast berisi sayuran. Tapi emang harus dicoba ya. Enak dan bergizi juga pastinya
Comment Author Avatar
Waw waw waw, nasib baik baca ini bukan di jam rawan🤣. Kenyang banget ya Mba lihat isiannya. Nyummyyy
Comment Author Avatar
Bismillah mau buat juga
Insya Allah nudah buatnya
Sehat nutrisinya
Pasti lezat rasanya
Comment Author Avatar
Bisa juga buat bayiku yang doyan banget makan roti tawar nih kak. Anak sulungku juga pasti suka menu ini untuk dibawa ke sekolah
Comment Author Avatar
Wah, lezatnyaa.. Ini bisa jadi alternatif menu untuk mengajarkan anak suka sayur juga ya Mbak. French toast bayam, tak lupa dengan lelehan keju mozarella di dalamnya. Bikin rotinya terasa makin gurihh.
Comment Author Avatar
Mbak aku izin screenshot resepnya yaa.. Menarik banget nih ternyata bayam bisa di mix sama french toast juga, selama ini aku kalo bayam pake telur aja, hehe..
Comment Author Avatar
Wah enak ini bisa dijadikN menu sahur yang simple tapi yummy ya. Aku mau coba ah makasih ya mbak
Comment Author Avatar
Bisa dicoba buat menu bocil nih biar makin suka makan sayur. Aku ijin bookmark ya mba
Comment Author Avatar
Wih jadi pengen nyobain apalagi ada mozzarellanya gitu berasa kayak makan pizza
Comment Author Avatar
Hihi...baca ini pas lagi puasa jadi ngiler, apalagi penampakan French toast bayamnya juga menggugah selera...cocok nih buat takjil buka puasa...
Comment Author Avatar
Cocok nih kayanya buat ide menu cemilan buka puasa. Untung aku bacanya pagi, jadi ga ngiler2 banget lah hahahaha