Resep Abgoosht, Semur Domba dan Kacang Arab Khas Persia

Ab dalam bahasa persia berarti air dan goosht daging, jika disimpulkan abgoosht berarti daging berair atau daging berkaldu.

Resep abgoosht, semur daging domba (persian lamb stew) khas persia
Abgoosht (youtube/Cooking Easy Food)

Abgoosht (آبگوشت) merupakan olahan daging rebus dengan tambahan kacang arab, kentang, bawang dan bumbu lainnya. Sering juga disebut sebagai "Dizi" yang merujuk pada kuali tradisional yang digunakan untuk memasaknya.

Terkenal di wilayah persia, terutama iran, dengan potongan daging bahkan tulangnya yang dibaluri dengan kuah cukup kental dan kaya rasa. Cita rasa yang dihasilkan mungkin akan berbeda dengan olahan daging lokal lainnya, tak seperti semur pada umumnya, baik dari segi bahan maupun tampilan, untuk itu kamu patut banget untuk mencoba abgoosht.

Tak melulu menggunakan daging domba, abgoosht juga bisa dibuat dengan daging sapi, ayam bahkan dengan versi vegan yang tanpa tambahan daging sekalipun. Kamu yang ingin mencicipi abgoosht, olahan domba khas persia bisa intip resep lengkapnya di bawah ini.

Bahan abgoosht:

  • 500 gr iga domba
  • 250 gr daging domba
  • 3 siung bawang putih
  • 1,5 cup kacang arab
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 buah kentang
  • 2 buah tomat atau 4 sdm pasta tomat
  • 1/2 sdm perasan lemon
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1,5-2 liter air
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Garam dan lada secukupnya

Cara membuat abgoosht:

  1. Rendam kacang arab minimal 3 jam hingga semalaman sebelum digunakan agar dagingnya terhidrasi dan lebih mudah matang. 
  2. Tumis irisan bawang bombay dan bawang putih cincang dengan hingga harum di atas wajan atau kuali stainlees steel ukuran medium, setelah itu tambahkan bumbu seperti kunyit, garam dan lada.
  3. Masukkan iga dan daging domba ke dlm tumisan, aduk beberapa saat hingga daging agak pucat dan sedikit kecoklatan.
  4. Tambahkan tomat atau pasta tomat dan kacang arab lalu tuangi tumisan dengan air.
  5. Masak semua bahan hingga matang sekitar 2-3 jam menggunakan api kecil-sedang dan biarkan air rebusan menyusut. Masak dalam keadaan kuali tertutup serta jangan lupa untuk sesekali diaduk agar rebusan dapat matang merata.
  6. Masukkan potongan kentang dan sedikit air jika perlukan kemudia masak sekitar 10 menit hingga mendidih sebelum rebusan abgoosht diangkat.
  7. Tambahkan perasan lemon, koreksi rasa lalu angkat abgoosht.
Resep abgoosht, semur daging domba (persian lamb stew) khas persia
Abgoosht (youtube/Chef Pari)

Notes & Tips:

  1. Kamu bisa mengganti kacang arab dengan jenis kacang-kacangan lainnya seperti kacang navy, kacang garbanzo dan lainnya. Bahkan juga bisa ditambah dengan okra.
  2. Selain menggunakan iga domba, kamu bisa menggunakan tulang domba bagian mana pun untuk memperkaya kuah.
  3. Tak hanya perasan lemon, untuk menciptakan cita rasa asam pada abghoosht sering pula digunakan anggur muda asam (ghooreh) dan jeruk nipis kering persia (limoo amani). Namun jika menggunakan limoo amani sebaiknya rendam terlebih dahulu sekitar 5 menit sebelum digunakan.
  4. Tambahkan cabe segar atau cabe bubuk ke dalam abgoosht jika kamu termasuk penyuka hidangan pedas.
Biar nggak bosan dengan olahan daging lokal, kamu bisa menjadikan abgoosht sebagai referensi menu lauk spesial di hari raya lebaran atau pun hari-hari biasa lainnya. Proses perebusan yang cukup lama mampu membuat rebusan daging abgoosht lebih lembut, sangat cocok buat kamu yang menyukai olahan daging yang demikian.

Rasanya yang gurih dengan tambahan sayuran seperti kacang-kacangan, tomat, dan kentang membuat abgoosht enak dihidngkan sebagai menu utama yang dinikmati bersama nasi, roti panggang atau olahan persia lainnya seperti sabzi khordan (herbal segar), torshi (acar sayur), selamat menikmati!

Artikel di atas mengandung link produk afiliasi. Jadi, ketika kamu membeli sesuatu melalui link tautan tersebut, kami mendapat komisi afiliasi. Terima kasih telah mendukung Allamandawi. 

12 comments for "Resep Abgoosht, Semur Domba dan Kacang Arab Khas Persia"

Comment Author Avatar
Wah, kapan kapan aku mau recook Resep Abgoosht, Semur Domba dan Kacang Arab Khas Persia ini ah, sepertinya cocok untuk hidangan berbuka puasa
Comment Author Avatar
Kacang Arab saya suka nih. Cuman daging domba jarang makan kecuali kalau masaknya sampai nggak kecium bau daging. Jadi pengen ya nyicipin Abgoosht ini. Penasaran rasanya
Comment Author Avatar
wah bumbunya termasuk gampang yaa abgoosht ini nggak pakai bumbu macam-macam. cuma dagingnya ini nih yang nggak tahu mau nyari di mana. apa bisa diganti pakai daging sapi?
Comment Author Avatar
yummyyyyy aku sukaaa bgt daging kambing.
mau bgt buat recook
Comment Author Avatar
Ngebayangin gimana domba disemur itu aja udah enak siih hihi komponen lainnya kayaknya emang pelengkap kalo ngga ada itu ngga ramee gitu yah.. apalagi domba kan dagingnya relatif lebih empuk dibanding kambing, pasti nyuzz banget kalo disemur
Comment Author Avatar
Duh kayanya enak ya. Buat makanan sahur dan buka puasa juga kayanya enak nih. Aku baru tahu resep ini. Makasih ya Mbak
Comment Author Avatar
Sekilas melihat bumbu masakan Abgoosht persis seperti kari ya..?
Rasa bumbu yang kuat dan ada kacangnya ini bisa menambah selera makan. Apalagi kacang Arab juga memiliki rasa asli gurih asin gitu ya..
Comment Author Avatar
Mirip kari gitu ya tapi pasti rasanya beda deh. Cocok. Buat makan nasi kan ya.. Kelihatan menggugah selera sekali
Comment Author Avatar
Hhmmm....favorit banget, nih, dimakan pakai khubs manstaap. Pas Yaa buat menu sahur atau berbuka...perlu dicoobaa...
Comment Author Avatar
Bisa dicoba nih resepnya. Kalau dagingnya diganti sapi gtu bisa kali yak
Comment Author Avatar
Penasaran banget sama rasanya.
Pasta tomat itu saos tomat bukan, ya?
Comment Author Avatar
Aku bayangin rasa yang gurih dan spicy khas Timur Tengah, pasti wenaakk bangettt dan masakan ginian bikin cepet kenyang, haha.