Resep Stinky Tofu, Jajanan Tahu Busuk China yang Populer

Abaikan namanya, stinky tofu dengan aroma khas ini termasuk jajanan poluler china yang menyajikan cita rasa yang unik, cobain deh!

Resep chou doufu stinky tofu, tahu busuk khas china
Ilustrasi stinky tofu (youtube/Cooking23s)

Stinky tofu merupakan salah satu street food populer di china, terutama wilaha taiwan, hongkong dan selatan china lainnya. Sesuai dengan namanya, stinky memliki aroma khas yang mungkin bagi kamu yang baru mencobanya cukup menyengat dan ngak enak di indra penciuman. 

Dikenal dengan nama chou doufu di tempat asalnya, china, olahan tahu satu ini dibuat dengan merendam tahu dalam campuran ferementasi bean curd (kulit tahu fermentasi) dan tambahan air selama 24 jam atau lebih. Jadi, sangat wajar jika tahu nantinya akan ikut beraroma.

Tahu yang telah difermentasi nggak serta merta langsung disajikan tapi digoreng terlebih dahulu dengan baluran bumbu penyedap lalu disajikan dengan saus cocol atau disiram saus secara menyeluruh. Bisa juga diamasak atau dikukus. 

Hasil akhir stinky tofu membuat banyak orang jadi menyukai, mungkin kamu juga. Buat kamu yang ingin merasakan keunikan stinky tofu ala china, bisa mengkreasikan resep di bawah ini, selamat mencoba!

Bahan stinky tofu:

  • 350 gram tahu
  • 3 siung bawang putih
  • 4 sdm tahu fermentasi
  • 2 sdm saus tiram
  • 1/2 sdm sdm tepung maizena
  • 1/2 sdm tepung kentang
  • 1 sdt cuka atau perasan lemon
  • 1 sdt bubuk fennel
  • 1 sdt minyak zaitun
  • 300-400 ml air
  • Gula, garam dan lada secukupnya
  • Daun parsley untuk hiasan

Cara masak stinky tofu:

  1. Buat larutan dari campuran cuka, kacang fermentasi dan air hingga memiliki konsistensi yang tidak kental, semakin sedikit air baunya akan semakin menyengat
  2. Potong dadu tahu sekitar 2-3 cm atau sesuai keinginan lalu rendam dalam saus yang kacang fermentasi yang telah dibuat. Diamkan dalam kulkas selama 24-48 jam
  3. Cuci tahu lalu goreng hingga coklat keemasan
  4. Buat saus dengan menumis bawang putih cincang lalu tambahkan saus tiram, bubuk fennel, larutan tepung jagung dan tepung kentang beserta air, garam, lada secukupnya
  5. Aduk saus hingga mendidih lalu tambahkan tahu yang telah digoreng. Aduk lagi sampai rata lalu angkat
  6. Tambahkan daun parsley cincang di atasnya, stinky tofu siap dinikmati

Resep chou doufu stinky tofu, tahu busuk khas china
Ilustrasi stinky tofu (youtube/Cooking23s)

Semakin lama proses fermentasi dilakukan, maka aroma dan rasa yang dihasilkan pun akan semakin tajam. Beberapa orang menggunakan acar, cuka dan sambal untuk menutupi dan menyeimbankan rasa dari stinky tofu.

Dilansir dari tofubud.com, bau busuk dari stinky tofu ini berasal dari berbagai senyawa organik yang terdapat pada tahu akibat proses fermentasi. Senyawa yang paling banyak ditemukan pada tahu busuk ini adalah indol, dimetil trisulfida, fenol, dimetil disulfida, dan dimetil tetrasulfida yang bergabung membentuk aroma khas produk.

Berbeda dari rasa dan aroma, stinky tofu menyajikan tektur krispi di luar dan lembut di bagian dalamnya, hal itulah yang mungkin bakal membuat jatuh hati dengan olahan tofu china sati ini. So, jangan lewatkan resep stinky tofu di atas, ya!

Baca Juga: Resep Smazeny Syr ala Ceko, Lapis Keju Goreng yang Krispi!

6 comments for "Resep Stinky Tofu, Jajanan Tahu Busuk China yang Populer"

Comment Author Avatar
Saya suka tahu. tahu goreng biasa, tahu krispi, tahu walik.. dan banyak lagi, tapi kalau stinky tofu belum pernah coba. di salah satu bahan resepnya ada bubuk fennel, apakah itu ?
Comment Author Avatar
wah cara buatnya cukup mudah ya mba, bahannya juga mudah dicari, bisa nyobain buat di rumah niy, seru dimakan bareng-bareng keluarga, dna belum pernah coba juga buat tahu speerti ini
Comment Author Avatar
Tahu menjadi makanan favorit orang rumah. Mau diapain tetap suka. Tapi belum coba tahu fermentasi ini nih.Awal baca judulnya, langsung inget grup bands Stinky 😅.
Comment Author Avatar
Lihat fotonya kayak tahu sumedang. Potongan kotak kecil. Tapi pasti rasanya jauh berbeda. Jelas dong ya. Duh, jadi pengen nyobain.
Comment Author Avatar
Kok aku jadi ingat tempe busuk yang di Jogja sering dijadikan sebagai bahan menumis sayur. Selain bergizi tinggi, tempe busuk ternyata memiliki fungsi penyedap seperti terasi. Mungkin stinky tofu ini juga kayak gitu, ya, Mbak? Tercium kurang enak aromanya, tetapi rasa dan gizinya selangit. :)
Comment Author Avatar
Saya kira saya salah baca "tahu busuk" ternyata emang namanya gitu ya, jadi penasaran dengan aroma stinky tahu ini, oh ya ternyata efek aromanya itu dari fermentasi ya. Boleh juga nih dicoba resepnya