Resep BBQ Sate Tahu dan Sayur, Sehat dan Murah!

Sate sudah menjadi hidangan populer di berbagai kalangan masyarakat. Ada beberapa jenis sate yang ada indonesia, seperti sate padang dan sate saus kacang. Akan tetapi, pernahkah kamu menikmati kelezatan sate tahu?

Resep vegan barbeque sate tahu sayur, simpel dan murah
Ilustrasi BBQ sate tahu sayur (youtube/ela vegan)

Barbeque-an saat kumpul sama teman tentu jadi tradisi yang mengasikkan sekaligus mengenyangkan. Sayangnya kamu harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli daging . Nah, untuk menghidari hal tersebut, kamu bisa mengganti bahan barbeque-mu dengan tahu. 

Tahu memang sudah sangat populer dijadikan bahan pengganti daging, tak terkecuali hidangan sate. Sate tahu dengan saus barbeque tentu jadi opsi yang sangat patut buat kamu cobain, baik sebagai lauk sehari-hari atau menu khusus di hari-hari spesial.

Satu tahu bisa dengan mudah kamu buat, sebagaimana sate lainnya, bahkan prosesnya bisa jadi lebih singkat daripada sate daging pada umumnya. Resep singkat sate tahu sayur dengan bumbu barbeque dapat dengan kamu tiru sebagaimana tercantum di bawah ini. Yuk, cobain kelezatan barbeque sate tahu sayur, murah dan gampang!

Bahan-bahan:

  • 250 gram nanas
  • 250 gram tohu
  • 1 buah paprika
  • 1 buah bawang bombay
  • 3 sdm saus barbeque
  • 3 sdm saus sambal pedas
  • Garam, lada dan bubuk bawang secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong dadu nanas, tahu, paprika, bawang bombay dengan ukuran yang sama. Untuk tahu lumuri dengan garam, lada dan bubuk bawang.
  2. Tusuk keempat bahan yang telah dipotong dadu menggunakan tusuk sate.
  3. Beri lumuran saus barbeque menggunakan kuas, lalu panggang sekitar 10 menit.
  4. Selama proses memangang sesekali lumuri kembali dengan saus barbeque.
  5. Setelah matang tofu skewers siap dinimati, bisa dicocol dengan saus sambal atau dimakan bersama nasi.
Resep vegan barbeque sate tahu sayur, simpel dan murah
Ilustrasi BBQ sate tahu sayur (youtube/the happy pear)
Editor's Pick:
Untuk hasil yang lebih nikmat kamu bisa memarinasi tahu terlebih dahulu dengan saus barbeque selama 1-2 jam. Di sisi lain, buat kamu yang tak mau repot dengan tusukan sate, bisa langsung memanggangnya di atas pan bersama sayuran sebagaimana tumis tahu tapi versi barbeque.

Proses pemanggangan menggunakan arang tentu akan membuat sate tahu sayur ini akan lebih aromatik, tapi nggak ada salahnya jika hanya menggunakan grill pan saja. Enjoy!

11 comments for "Resep BBQ Sate Tahu dan Sayur, Sehat dan Murah!"

Comment Author Avatar
Oh my God! Baru lihat fotonya aja udah ngiler banget, mana menuku hari ini tahu sambal matah lagi. Cocok banget nih diduetin sama BBQ sate tahu :-9. *otw salin resep buat menu buka puasa ramadan nanti*
Comment Author Avatar
Langsung pengen coba bikin, ini bisa jadi salah satu menu sarapan anak sebelum berangkat ke sekolah. Disiapkan saja dari malam. Paginya tinggal eksekusi. Kalau model. Ditusuk-tusuk begini kan menarik
Comment Author Avatar
wah kalau bbq nya dengan banyak sayuran sehat seperti ini saya bakal banyak makannya, karena saya suka sekali dengan sayuran apalagi sayurannya yang lalapan gitu kayak berasa lebih nikmat makannya
Comment Author Avatar
wah menarik nih resep sate tahu, secara saya suka dengan olahan tahu, kreatif idenya mbak
Comment Author Avatar
Apalagi kalo pake terong kayaknya enak nih mba. Cuma belum pernah coba kalo pake nanas. Next coba aku praktekkan seperti di resep ini
Comment Author Avatar
Asli aku pingin nyoba mba...anakku penyuka tahu akupun begitu pingin coba ahhh
Comment Author Avatar
Maknyus banget tampilannya, mba. Bikin laper, nih. Hhi.
Sate gak melulu tentang daging ya, mba. Kita bisa pakai tahu dan sayur bumbu BBQ yang rasanya gak kalah enak. Bahan mudah didapat, cara bikinnya mudah dan yang terpenting hemat, rasanya enak dan sehat. Wah, boleh nih dicoba di rumah, hhe. Makasi sharing resepnya, mba.
Comment Author Avatar
Jadi nostalgia Barbeque saat tahun baru bareng keluarga besar.
Ini beneran rempong, tapi kalau dikerjain rame-rame, hasilnya membahagiakan banget. Rasanya pas menikmati hasil panggangannya tuh puas.
Comment Author Avatar
Ilustrasinya mewakili banget, sampai ludahku ngumpul semua. Next time kalau ada paprika dan nanas bisa nih belo tahu buat bikin ini
Comment Author Avatar
fotonya kelihatan enak banget, ternyata resepnya cuma sate tahu, murah meriah dan menggiurkan ya, bisa dicoba dirumah kalau lagi hemat hehehe
Comment Author Avatar
Yuhuu jadi ada ide masak buat weekend kalau ayahnya pulang
Anak anak pasti request menu yang tidak biasa
Saya sajikan ini saja karena sayur sangat penting buat mereka