Resep Saray Lokumu, Kue Gulung Turki (No Oven)

Saray Lokumu atau Sultan Lokumu ialah kue gulung Turki yang tak memerlukan proses pemanggangan dengan tekstur kenyal dan lembut seperti jelly candy.

Saray lokumu or sultan lokumu, Turkish delight rolls
Saray lokumu (youtube/Gesund and schnell)

Saray sendiri memiliki arti istana dan lokumu atau lokum berasal dari bahasa Arab "al-halkum" atau "rat al-ulqm" yang mempunyai arti penyejuk tenggorokan. 

Biasanya lokum memiliki bentuk kubus menyerupa permen jelly yang diberibtaburan kelapa atau bubuk gula. Akan tetapi, saray lokum terdiri dari beberapa lapisan yakni krim, adonan kenyal dari terigu serta taburan kelapa di bagian luarnya. 

Pemilihan krim sebagai isian sendiri bisa menggunakan whipped cream dan custard. Kamu bisa mengkreasikan rasanya, namun lokum biasanya bercita rasa buah, vanilla atau pun coklat. 

Kamu yang penasaran ingin membuat sekaligus mencicipi saray lokumu, bisa intip resep lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga : Saray Lokumu, Turkish Delight Rolls Recipe (English Version)

Bahan-bahan:

Bahan adonan:

  • 1 liter susu full cream
  • 1 cup terigu
  • 12 sdm gula
  • 4 sdm mentega
  • 2 sdt vanilla

Bahan krim:

  • 1 cup whipping cream
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt vanilla

Bahan tambahan:

  • 1 cup parutan kelapa kering
  • 1 cup kacang kenari atau almond


Cara membuat:

  1. Sebarkan parutan kelapa di permukaan nampan kue atau loyang kue yang tak terlalu tinggai dindingnya cukup sekitar 5 cm saja.  
  2. Buat adonan kue dengan mencampur susu, terigu, mentega, vanilla dan gula. Aduk semua bahan menggunakan balloon whisk hingga homogen, lalu panaskan hingga kental sambil terus diaduk. 
  3. Tuang adonan kue di atas lapisan parutan kelapa di dalam loyang, ratakan mengggunakan spatula lalu dinginkan dalam kulkas sekitar 4 jam.
  4. Buat krim sebagai isian dengan mencampur  whipping cream dan gula pasir. Kocok kedua bahan tersebut hingga mengembang dan terasa kaku. Tambah perisa vanilla, aduk rata menggunakan spatula.
  5. Olesi adonan kue yang telah didinginkan dengan whipped cream di seluruh permukaannya.
  6. Potong-potong kue dengan panjang sekitar 15 cm dan lebar 8 cm lalu gulung tiap potongan tersebut. 
  7. Beri topping potongan kacang kenari di atas saray lokumu rolls agar penampilannya lebih menarik.

Saray lokumu or sultan lokumu, Turkish delight rolls
Saray lokumu (youtube/Quick Simple & Delicious)

Lokum menjadi salah satu turkish delight yang populer di negaranya, bahkan sering dijadikan oleh-oleh. Kamu juga bisa banget menjadikan saray lokumu ini sebagai oleh-oleh untuk kerabatmu. 

Prosesnya yang nggak ribet serta bahan yang cukup minim bisa menghemat budget saat hari raya. Rasanya pun nggak kalah dari kue lainnya. Yuk, kreasikan saray lokumu khas turki di atas, cocok banget dijadiin teman nge-teh!

Baca Juga: Resep Kue Harcha khas Maroko, Cemilan Lezat Buat Nonton Bola!

21 comments for "Resep Saray Lokumu, Kue Gulung Turki (No Oven)"

Comment Author Avatar
Ya ampun, jadi ngiler aku, Mbak. Ini termasuk Turkish Delight, ya? Kukira Turkish Delight itu semacam dodol aja, bukan kue. Dulu pernah makan yg rasanya mirip dodol.
Jadi kepo sama, deh, sama rasa lokum ini...
Comment Author Avatar
Kayaknya menarik dicoba, terutama mendekati bulan ramadhan. Proses dan resep yang tidak terlalu rumit sepertinya cocok untuk percobaan. hehehe
Comment Author Avatar
kayaknya harus coba nih, apalagi no mixer no oven ya ini, bahkan anak kostan pun bisa buat atau malah jadi ide cari cuan ya, penasaraan :)
Comment Author Avatar
Gampang banget ya ini bikinnya, mbak nggak perlu oven dan mixer
Comment Author Avatar
Bentuknya sih kayak familiar ya buat kita orang Indonesia, tapi rasanya pasti beda dengan kue-kue pada umumnya yang biasa kita makan. Waktu ke Turki belum pernah icip ini dan baru kali ini tahu resepnya juga. Terima kasih mbak sudah sharing :)
Comment Author Avatar
Kepo bgt ama rasanya kyk gimana.
Pastinya endeuuus ya
Asik buat teman minum kopi nih
Comment Author Avatar
Wah pas banget baca ini waktu lagi cari ide untuk potluck acara kumpul-kumpul. Melihat cara masaknya yang praktis dan bahannya yang sederhana bisa banget dicoba, nih. Makasih resepnya, Mbak
Comment Author Avatar
Wah kayaknya enak nih kuenya, terus terang belum pernah nyobain kuliner khas Turki, lidah anak-anak susah diajak kompromi maunya makan kuliner lokal, padahal nyobain kuliner khas negara luar bisa jadi referensi untuk memperkaya pengalaman makan...siapa tahu anak-anak dapat rezeki sekolah di luar.
Comment Author Avatar
Turkish Delight tuh memang juara...ga bakal berhenti ngemilnya. Baru tahu resep dan cara bikinnya Saray Lokumu kue gulung Turki yang terkenal itu
Comment Author Avatar
Bentuknya mirip bolu gulung yang dijual di Indonesia ya Mba, ada isi krim di dalamnya (jadi ingat bolu gulung Bre**ta*k nih :-D). Rasanya gimana Mba? Manis bangetkah?
Comment Author Avatar
Waah aku lagi nggak punya. Whipe cream nih, padahal sepertinya menarik buat dicoa. Next time aku mampir ke sini lagi kalau sudah punya bahannya. Mau ngerasain giman rasanya. Udah ngiler aja nih
Comment Author Avatar
Kepo rasanya sih, apa mirip2 sama susu goreng yang pernah viral itu ya. Soalnya bahannya mirip
Comment Author Avatar
Wahh kayaknya enakk, dari tampilannya dah bikin ngiler, siapa sangka ternyata ngga butuh dioven yaa mba nih kue?
Comment Author Avatar
Sungguh sebagai pecinta kue senang banget dapat resep simpel dan enak gini.. kalau luang mau bikin ah
Comment Author Avatar
Masyaa Allah. Ada parutan kelapa di bagian luar. Mirip Kmappertaart kayaknya ya. Dimakan dingin lebih nikmat ga cukup sepotong.😘
Comment Author Avatar
siaap recook mba, dari penampilannya bikin ngiler. Tapi btw 1 cup itu berapa gram ya mba?
Comment Author Avatar
Aku nggak nyangka kalau makanan ornag turki pakai taburan kelapa parut.. Rasanya kayak apa ini. Bacanya jadi ngiler kepengen
Comment Author Avatar
kuenya simple banget ya mba 😍 jadi pengen nyoba bikin turkish delight ini.. apalagi buat bareng anak nih, kayaknya bisa hehe
Comment Author Avatar
Gurih manis gitu rasanya Saray Lokumu ini yaa..
Suka dengan tampilannya yang manis. Rasanya seneng kalau disuguhi kue yang beda dari pada umumnya begini..
Comment Author Avatar
Mbaaak.. aku jadi penasaran sama rasanya. Bentuknya kaya bolu gulung ya, tapi gatau nih gimana rasanya.
Comment Author Avatar
Simpel banget ya mba bikinnya, nggak perlu mixer dan oven. Hasilnya juga kayaknya enak banget, jd pengen cobain resepnya.