5 Olahan Kentang Populer Khas Prancis, Super Lezat!

Nikmati kelumbutan kentang yang dipadu-padankan dengan bumbu dan cita rasa khas prancis di 5 masakan berikut ini.

French gratin dauphines (kentang iris lapis krim keju prancis)
Gratin dauphinois (youtube/Home Cooking Adventure)

Siapa nih yang suka olahan ala Perancis? Rasanya tak akan lengkap jika kamu belum tahu atau belum mencoba olahan kentang khas Perancis.

Ada banyak sekali olahan kentang khas Perancis. Akan tetapi, ada 5 olahan yang cukup populer dan dikagumi oleh masyarakat setempat.

Penasaran dengan olahan kentang Perancis? Yuk, intip 5 olahan kentang perancis di bawah ini.
Baca Juga: 7 Olahan Terong ala Mancanegara, Lembut dan Gurih!

1. Tartiflette

French tartiflette (kentang iris keju panggang prancis)
Tartiflette (youtube/Koreni od Antonino)

Olahan kentang satu ini sangat terkenal di wiliayah Alps, Perancis. Alps sendiri merupakan tempat di mana pengunungan Alpen berdiri kokoh dan menjadiknnya sebagai salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi di negara tersebut.

Klasik Tartiflette terbuat dari kentang, bawang bombay, bacon, anggur putih, lada hitam dan keju reblochon. Akan tetapi, tartiflette juga bisa ditambahkan dengan daun herbal seperti thyme dan creme fraiche.

Kamu yang menghindari beberapa bahan di atas bisa menggantinya dengan bahan yang mirip seperti anggur diganti perasan lemon atau bacon diganti irisan daging sapi.

2. Gratin Dauphinois

French gratin dauphines (kentang iris lapis krim keju prancis)
Gratin dauphinois (youtube/chocmiel)

Sama dengan namanya, Gratin Dauphinois ialah olahan dengan tenik gratin atau taburan di bagian atas makan dari provinsi Dauphine yang sekarang dikenal dengan Isele Drome.

Proses pengolahan Gratin Dauphinois terbilang cukup mudah. Secara tradisional, Gratin Dauphinois dibuat dengan irisan kentang yang diberi lapisan krim fraiche dalam baking dish atau loyang kue setelah itu diberi taburan keju atau mentega kemudian dipanggang dalam oven hingga kecoklatan.
Editor's Pick:

3. Aligot

French mashed potato aligot (kentang tumbuk keju prancis)
Aligot (youtube/Dished)

Terkenal dengan olahan kejunya, Aligot ala Perancis ini sangat menarik untuk kamu coba. Aligot sendiri olahan kentang tumbuk dan keju tomme yang menyatu dengan tektur yang lengket dan super stretch atau dapat direnggangkan.

Aligot ini disajikan dalam keadaan hangat agar teksturnya tidak menggumpal. Masyarakat Perancis biasa mengonsumsi Aligot dengan daging, sosis atau pun sayuran panggang.

4. Truffade

French potato pancake truffade (panekuk kentang keju prancis)
Truffade (youtube.com/Simply Sandje)

Ada banya jenis pancake kentang di eropa, salah satunya Truffade ala perancis ini. Berbeda dari pancake yang dikenal di Indonesia, pancake kentang ini memiliki cita rasa gurih yang kental dari keju dan rempah seperti lada dan bawang putih.

Dalam membuat truffade, dibutuhkan lemak bebek dan angsa dalam proses memasaknya. Biasanya kentang akan diiris kemudian ditumis dengan bahan lain dalam wajan lalu diberi perutan keju. Setelah tekstur agak padat barulah dibalik agar matang merata.
Di wilayah Dauphine, Truffade ini disajikan dengan dengan tomat, alih-alih menggunakan keju.

5. Baeckeoffe

French baeckoeoffe stew (semur kentang daging prancis)
Baeckeoffe (youtube/Colruyt France)

Berbeda dari olahan kentang perancis lainnya, Baeckeoffe ini disajikan dengan sedikit kuah yang dimasak menggunakan oven.

Baeckeoffe sendiri memiliki makna "Baker's Oven". Hal ini karena ibu rumah tangga di daerah tersebut biasa membuat semur danging saat malam minggu lalu membawanya ke pembuat roti atau baker untuk dimasak di ovenya sembari ibu-ibu tersebut menghadiri kebaktian minggu. Semur daging dengan irisan kentang ini terlihat sangat lezat dan bikin kenyang.

Tak hanya dikenal dengan destinasi wisatanya, perancis juga sangat populer dengan makanan khasnya. Olahan yang menarik, penuh estetika dengan cita rasa yang super lezat menjadikan Prancis surga bagi pecinta kuliner.

Olahan kentang di atas bisa banget dijadikan inspirasi buat kamu yang pengen jajan atau masak makanan ala Prancis. Di Indonesia sendiri, kentang cukup mudah ditemukan di pasaran, apalagi dengan harga yang cukup terjangkau, jadi kamu nggak akan terlalu banyak merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati olahan Perancis di rumahmu. So, let's try it!

18 comments for "5 Olahan Kentang Populer Khas Prancis, Super Lezat!"

Comment Author Avatar
Duh, baca postingan ini bikin aku lapar. Lezat semua. Apalagi olahan kentang merupakan salah satu makanan favoritku. Home made bisa nggak ya. Tinggal di kota kecil, membuatku jarang makan sejenis menu yang ada di atas.
Comment Author Avatar
Nyam, nyam, saya selalu suka dengan masakan olahan kentang. Makasih banyak untuk idenya, Kak.
Comment Author Avatar
Wah, nampak lezat smeua menu olahan kentang khas Perancis ini mbak
Kapan kapan mau coba recook ah, anak anakku penikmat kentang
Comment Author Avatar
Kok jadi krucukan yaa perutku lihat olahann kentang ini mbaa kwkwkw, pengeenn jadinya bikin sendiri bisa gak yaaa >.<
Comment Author Avatar
Aduuuh.. liat aneka menu masakan dari kentang ini rasanya memang sukses buat perut lapar ya. Enak-enak banget rasanya, apalagi gratinnya yg dilengkapi taburan keju. Kentang memang sumber karbo favorit setelah nasi bagi saya hehehe.
Comment Author Avatar
waduh, diriku buka di jam yang salah nih, menggoda sekali gambarnya, hmm jadi pengen sarapan kentang, btw baru tahu nih variasi olahan kentang, tahunya hanya mashed potato
Comment Author Avatar
Lebih banyak variasinya ya masakan kentang mancanegara. Mau coba eksperimen resepnya deh
Comment Author Avatar
Pagi² lihat makanan enakkkk gink jd lapar lgi pdhal sdh sarapan wkwkwkwk, menambah inspirasi nih dlm mengolah kentang, tengkiuuu kak
Comment Author Avatar
jadi lapar baca ini pagi-pagi 😍 saya suka banget kentang apalagi jika ditambah keju dan daging.. duhhh bakal bakal meleleh di lidah.. makasii makasii inspirasinya mba, bisa nih buat menu ramadhan nanti hehe
Comment Author Avatar
This comment has been removed by the author.
Comment Author Avatar
Saya sangat suka sekali kentang dan aneka olahannya. Pingin coba ide diatas ah..
Comment Author Avatar
Aku gak pernah makan salah satunya sama sekali mbak. Tahu wujudnya juga baru ini. Jadi penasaran sama rasanya deh
Comment Author Avatar
Baeckeoffe itu mirip semur ya? Berarti ada beberapa menu makanan kita yang serupa tapi beda bumbu sepertinya ya.
Comment Author Avatar
Wow ternyata Perancis bukan hanya terkenal dengan destinasi wisata dan modenya aja. Ternyata kulinernya juga sungguh menggoda
Comment Author Avatar
Aku suka bangeeett sama olahan makanan kentang.
Jadi kangen smashed potatoe ya.. Tapi menu makanan kentang khas Prancis menggiurkan sekali.. Paling pengen coba Truffade dan aligot.
Comment Author Avatar
kentang itu udah enak apalagi diolah dengan susu, daging, keju . Duh jadi lapar mbak padahal udah sarapan pengen nyantap truffade
Comment Author Avatar
baca nama-nama makanannya kok agak belibet ya hehehe tapi sepertinya enak banget ini apalagi aku suka makanan dari olahan kentang gini
Comment Author Avatar
Bacanya susah ya nama masakannya hehehee... cara mengolah kentangnya pun beda banget dengan di Indonesia. Bahan-bahan pelengkapnya juga kurang familier. Tapi perlu dicoba nih agar bisa merasakan sensasi makanan Perancis di rumah.