Resep Salad Tomat Mechouia ala Tunisia, Segar!

Salad Tomat Mechouia ala Tunisia

Tunisia yang dikenal sebagai salah satu tujuan destinasi ini ternyata memiliki kuliner yang nggak kalah menarik untuk diulik. Kuliner tunisia sendiri banyak dipengaruhi oleh negara-negara timur tengah dan eropa karena berbatasan langsung dengan dua rumpun tersebut.

Kamu yang ingin mencoba kuliner tunisia di rumah bisa salad mechouia, bahan dan prosesnya terbilang simpel namun memiliki keunikan tersendiri dengan salad pada umumnya. 

Berikut ini disajikan resep lengkap salad mechouia, check it out!
Baca Juga: Mechouia, Tunisian Grilled Tomato Salad Recipe (English Version)

Bahan yang dibutuhkan:

Dalam membuat salad mechouia kamu membutuhkan bahan-bahan berikut ini.

Bahan utama:
  • 5 buat tomat
  • 2 buah bawang bombay
  • 2 buah paprika
  • 2 bawang putih
Dressing salad:
  • 1 sdt biji jintan 
  • 1/2 sdt biji ketumbar 
  • 1 sdm madu
  • 3 sdm perasan lemon
  • 150 ml minyak ziatun
  • Garam dan lada secukupnya
Topping salad:
  • 1 butir telur matang
  • 5 biji zaitun hijau atau hitam

Proses Memasak Mechouia

Step 1: Panggang semua bahan utama 
Gunakan pan, grill atau pun oven dalam memanggang semua bahan utama (tomat, paprika dan bawang). Proses pemanggangan ini berlangsung hingga kulit semua bahan tampak kecoklatan dan dagingnya menjadi kenyal.

Step 2: Buat dressing atau saus salad
Sangrai biji jintan dan ketumba selama beberapa menit hingga harum. Tumbuk menggunakan ulekan kemudian campur dengan minyak zaitun, madu, perasan jeruk, garam dan lada secukupnya. Jangan lupa koreksi rasa.

Step 3: Kupas kulit tomat dan paprika lalu haluskan
Dalam satu wadah berukuran sedang, hancurkan paprika, bawang putih dan bawang bombay. Untuk tomat, hancurkan dalam wadah berbeda karena kandungan air dalam tomat akan cukup menyusahkan bagi bahan lain untuk dihancurkan bersamaan.

Step 4: Beri saus salad dan topping kemudian sajikan 
Campurkan tomat dengan bahan utama lainnya tambahkan saus salad, aduk merata. Terakhir tambahkan potongan telur matang sebagi topping dan pelengkap salad mechouia ini.

Salad Tomat Panggang Mechouia ala Tunisia

Berbeda dengan salad lainnya yang menggunakan baha-bahan segar tanpa proses memasak, salad khas tunisia ini rupanya hampir semua bahannya dipanggang terlebih dahulu. Namun, proses pemanggangan ini akan menciptakan aroma khas yang menambah cita rasa salad.

Siapa nih yang penasaran dengan kesegaran tomat dalam salad mechouia ini? Pastikan kamu mencoba resep di atas segera, ya! (sumber gambar: youtube not a chef & africanchow)

11 comments for "Resep Salad Tomat Mechouia ala Tunisia, Segar!"

Comment Author Avatar
Berarti salad mechouia ini bukan raw salad ya..
Tapi semuanya terbuat dari bahan alami dan pastinya aromanya juga rasanya mengikuti rasa asli dari sayuran dan buah-buahan yang dicampurkan. Untuk menentukan rasa buah dan sayuran yang gak jomplang tuh gimana ya.. perbandingan dan perpaduannya?
Comment Author Avatar
Namanya menarik banget, bahkan nyebutnya aja aku kesusahan. Tapi ini rasa saladnya gimana ya? Aku kok bayanginnya asem gitu ya
Comment Author Avatar
Penasaran dengan rasa saladnya deh. Mungkin rasanya asem-asem khas tomat ya. Pingin coba kapan-kapan ah
Comment Author Avatar
Nama saladnya agak unik dan susah dilafalin ya, tapi dari fotonya sepertinya menarik kebetulan anak-anakku suka banget menu salad, jadi pingin recook resepnya buat referensi variasi menu makanan anak-anak selama liburan akhir tahun ini.
Comment Author Avatar
Hemm, saladnya cantik Mbak. Belom pernah cobain salad macam ini. Pastinya so nyummi yaa
Comment Author Avatar
Saladnya unik nih. Bisa dicoba juga sambil dimasukkan kearifan lokal Indonesia
Comment Author Avatar
Wah aku suka salad di cacah kasih gula dikit. Dan ada olahan tomat yg sepertinini ehemmm... kayaknya perlu di coba nih
Comment Author Avatar
Duh, kebayang segar plus sedikit asamnya rasa tomat di salad mechouia ini. Eksotis ya Mbak hehehe. Disantap bersama roti sepertinya enak juga ya. Jadi seperti saus atau dip untuk camilan hehehe.
Comment Author Avatar
makanan-makanan dari luar negeri ini kalau dilihat menarik banget ya, mbak dan nggak seribet masakan indonesia. penasaran juga nih jadinya sama salad tomat ini
Comment Author Avatar
unik ya namanya, mechouia. cara pembuatannya juga unik, dipanggang dulu, aroma bahan yang dipangggang dulu memang beda sih, mungkin sensasi rasanya dari hasil penggangnya ya
Comment Author Avatar
Kayanya seger banget apalagi dicocol sama nachos atau roti kering gitu ya Mbak.