Resep Pallu Butung, Dessert Pisang Khas Makassar

Resep pallu butug khas makassar, indonesian style banana soup

Sering disamakan dengan pisang ijo, pallu butung ini memiliki keunikannya sendiri. Pallu butung dalam pengolahannya biasa menggunakan pisang kepok atau pun pisang raja sedangkan pisang ijo lebih sering menggunakan pisang raja karena lebih manis dan ukurannya pun lebih kecil. 

Pisang ijo yang biasanya disajikan dengan es batu, malah berebeda dengan pallu butung yang enak disantap dalam keadaan hangat. Jangan lupa dari segi tampilan cukup berbeda yakni pisang ijo dibungkus kulit adonan berwarna hijau sedangkan pallu butung hanya potongan pisang dalam saus yang memang sama dengan pisang ijo.

Tak hanya ada di makassar, pallu butung ini nyaris disajikan oleh seluruh masyarakat sulawesi selatan. Nah, ada yang penasaran dengan resep pallu butung khas makassar ini? Yuk intip resep lengkapnya di bawah ini.

Bahan:

  • 3 buah pisang ambon 
  • 5 sdm tepung terigu
  • 250 ml santan
  • 200 ml air
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/3 sdt garam
  • 2-3 tetes vanilla (opsional)
  • DHT atau sirup rasa pisang ambon

Cara memasak:

  1. Potong pisang menjadi beberapa bagian, sekitar 4 potong.
  2. Masak pisang bersamaan dengan air, garam dan gula hingga pisang setengah matang atau air mendidih saja.
  3. Buat adonan cair dari tepung, vanilla dan santan, aduk rata, masukkan perlahan ke dalam belanga berisi pisang. Aduk terus dengan lembut agar adonan tidak menggumpal.
  4. Masak sebentar sekitar 2-3 menit hingga saus mengental, pisang matang dan agak lembek sambil terus diaduk. Jangan biarkan pisang jadi hancur.
  5. Angkat, lalu beri sirup DHT. 
  6. Tambahkan topping potongan pisang segar jika diinginkan.
Saat suasana sedang dingin, pallu butung ini cocok buat menghangatkan harimu. Tekstur pisang yang lembut dengan saus gurih nan creamy cukup buat memanjakan lidahmu. Nggak hanya pisang ijo, pallu butung ini bisa kamu jadikan ide usaha juga, lho. Tunggu apa lagi, ayo coba resep pallu butung khas makassar di atas.

19 comments for "Resep Pallu Butung, Dessert Pisang Khas Makassar"

Comment Author Avatar
Oh...ini ya yg dinamakan palu butung, saya pikir semacam masakan daging, mba. Dessert ya golongannya. Boleh,nih dicoba. Sepertinya kreamy dan laziz.
Comment Author Avatar
Wah kelihatannya enak, belum pernah coba. Mau bikin ini tapi beli sirupnya dulu wkwkwk. Di marketplace ada kan sirupnya?

Comment Author Avatar
Aku itu suka banget sama namanya Palu butung
Cuma selama ini nggak pernah buat sendiri
Selalu beli
Kapan kapan mau coba bikin sendiri ah
Mau recook resep ini
Comment Author Avatar
Pallu butung enak banget buat disantap saat cuaca lagi dingin dingin kayak sekarang menghangatkan badan.
Comment Author Avatar
Wah pas musim hujan begini mantap kalau makan Pallu Butung. Makasih resepnya, Mba
Noted berarti Pallu butung dalam pengolahannya biasa menggunakan pisang kepok atau pun pisang raja ya beda dengan pisang ijo yang pisang raja
Comment Author Avatar
saya suka sekali dengan palu butung ini mba, ternyata ckup mudah cara buatnya dna bahannya juga mudah dicari, jadi pengen cobain buat sendiri
Comment Author Avatar
Kalau di sini pisang yang disajikan hangat namanya kolak wkwkwk. Enak nih Pallu Butung buat hujan pas sore2, bikinnya juga cukup mudah.
Comment Author Avatar
Wah, saya dan anak saya pernah praktek kebetulan Mbak buat es palu butung ini. Tapi sayangnya santannya pecah hehehe, mungkin airnya terlalu banyak ya... Kapan-kapan mau coba praktek lagi d..
Comment Author Avatar
Ahaaaa
Ini yg aku cari cariii
Mau coba bikin ah
Makasiii mba
Comment Author Avatar
Saya pernah makan palu butung. Enak sekali. Lagi cari di Surabaya ada yang jual gak ya, seenak di Makasar.
Comment Author Avatar
Jika ada waktu pingin nyoba. Karena saya penyuka kreasi pisang jadi pingin eksekusi di saat luang. Terima kasih resepnya
Comment Author Avatar
Wah mbaa aku kayak pernah makan ini tapi ngga ngeh lhoo kalau namanya pallu butung hhehe..
Enak emang nihh, kalo ke Resto Makassar selalu pesen ini
Comment Author Avatar
wah aku suka nih palu butung, endol surendol, yummy, tapi belum pernah buat sendiri hehehe, beli yang sudah siap makan. tapi waktu ke makasar kapan lalu belum pernah coba
Comment Author Avatar
Resepnya mirip2 sama es pisang ijo ya? Atau memang sama tapi beda penyebutan?
Comment Author Avatar
Di Balikpapan ini juga banyak tersedia makanan khas makasar ini kak, mungkin Karena banyak orang bugis ya disini. Dan palu butung ini jadi favorite banget
Comment Author Avatar
Ternyata pallu butung ini disajikan hangat?
Aku kayanya belum pernah coba, huhu.. Ternyata kuliner Nusantara ini kaya sekali yaa.. Serasa keunikannya di setiap daerah.
Comment Author Avatar
Jadi ingat kota Makassar. Pernah 2 tahun tinggal di sana❤️
Comment Author Avatar
Jadi pengin nyobain bikin sendiri nih. Lebih mudah ya daripada bikin pisang ijo. Klo pisang ijo tuh yang ribet bikin lapisan hijaunya untuk pisang.
Comment Author Avatar
wah olahan pisang~ pisang mudah dicari dan rasanya enak. baru tau aku resep pallu butung ini. terimakasih sudah berbagi ya ^^