Resep Mudah Yóu Mèn Sun, Rebung Kecap Rebus ala China

Brasied spring bamboo shoots/resep rebung rebus kecap


Yóu Mèn Sun (油焖笋) ialah salah satu olahan tradisional yang sangat populer di China. Di Indonesia sendiri biasanya rebung diolah menjadi salah satu bahan campuran dalam sayur bening atau pun ditumis. Akan tetapi, rebung dengan resep demikian akan terasa membosankan jika disajikan terus menerus. Kamu butuh sesuatu seperti rebung kecap rebus khas china ini.

Di pasaran rebung termasuk sayuran yang mudah didapatkan, apalagi dengan harga yang cukup terjangkau, jadi nggak ada salahnya sesekali kamu memasukkan rebung kecap rebus dalam menu harianmu. Untuk lebih jelasnya, yuk kepoin resep yóu mèn sun atau rebung kecap rebus ala china di bawah ini.

Bahan:

  • 250 gram rebung
  • 2 sdm kecap
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm margarin atau minyak goreng
  • 1 sdt minyak wijen

Cara membuat:

  1. Hilangkan kulit terluar dari rebung yang berwarna hitam kecoklatan kemudian cuci di bawah aliran air, belah rebung secara memanjang. 
  2. Masak selama 5-10 menit. Untuk menghilangkan sedikit rasa pahit pada rebung maka ditambahkan garam selama proses memasak, selain garamkamu juga memasaknya dengan tambahan air rendaman beras agar rasa pahitnya hilang.
  3. Angkat dan tiriskan rebung lalu dibilas 2-3 kali.
  4. Panaskan margarin di dalam wajan hingga mencair.
  5. Tambahkan kecap dan gula pasir lalu aduk hingga merata sampai gula mencair.
  6. Masukkan rebung yang telah direbus, masak dan diamkan rebung selama 3-5 menit dengan api sedang
  7. Setelah itu, tambahkan minyak wijen, aduk kembali lalu angkat rebung.
  8. Rebung kecap siap disajikan.
Brasied spring bamboo shoots/resep rebung rebus kecap
Rebung kecap rebus ala china/redcook.net

Gimana menurutmu, resep di atas terbilang mudah kan? Selain rasa yang menggoda, pastinya nilai gizi rebung pun tak kalah penting. Rebung sendiri kaya akan serat, protein dan karbohidrat. So, jangan lupa coba resep di atas, ya!

(Sumber gambar sampul dari cateofchina.com)

20 comments for "Resep Mudah Yóu Mèn Sun, Rebung Kecap Rebus ala China"

Comment Author Avatar
keliatan enak bangett, jadi pengen coba resepnya :D
Comment Author Avatar
rebung yang pernah saya makan biasanya yg irisan yang ada di masakan padang. kalau yang berbentuk seperti di resep penasaran juga kayak apa rasa dan sensasi pas mengunyahnya.
Comment Author Avatar
Wah... aku baru tau kalau rebung bisa diolah jadi makanan yang enak kaya di atas, resepnya juga simpel, jadi pengen coba masak rebung kaya ini deh...
Comment Author Avatar
Sepertinya enak nih, Teddy memang nggak suka Rebung sih Kak, pernah lihat masakannya nggak menarik, rasanya juga nggak cocok dilidah.

Tapi setelah baca resep di sini baru paham kalau bisa dikreasikan juga seperti ini.

Terima Kasih Kak.
Comment Author Avatar
Perlu di save nih kak. Biasanya masak rebung cuma di santan atau ditumis. Dan, nggak nyangka bisa diolah jadi chinese food yang enak. 🥰
Comment Author Avatar
aku nggak begitu suka rebung hehe tapi mungkin kalo diolah gini bisa lebih menggugah selera kali ya heh e
Comment Author Avatar
belum pernah makan rebung, tapi pengenlah sesekali coba.Bisa nih dikirim resepnya ke Bunda, biar pas pulang kampung langsung dimasakin
Comment Author Avatar
belum pernah masak ini sih, sepertinya enak dan mudah ya, btw kalau di tempatku ga setiap hari ada rebung kak, tapi enak sih olahan rebung ini, biasanya hanya ta masak orak arik rebung aja
Comment Author Avatar
Kalau ibuku biasanya dibuat jadi lodeh sama dibuat isian lumpia. Kalau aku paling ga suka sama baunya sih. Untung kalau ngolahnya tepat, baunya bisa hilang
Comment Author Avatar
Saya penyuka rebung. Saya juga suka Chinnese food. Kayaknya belum pernah mencoba yang masakan rebung ini. Sepertinya enak.
Comment Author Avatar
Walau memang bukan penyuka masakan olahan rebung, saya baru tau cara masak rebung seperti ini. Menarik banget untuk dicobain. Bahan-bahannya pun sederhana ya. Makasi sudah sharing resep ini ya Mbak.
Comment Author Avatar
Rebung identik dengan lumpia ya mbak. Saya juga suka rebung dijadikan sayur bersantan. Nah, ini baru dengar ada resep baru makanan yang terbuat dari rebung. Auto simpan untuk dijadikan menu berikutnya
Comment Author Avatar
Bahkan sampai negeri China makanan sejenis rebung ini bisa diolah menjadi menu masakan lezat yaa.. Huhu...enak banget menu yóu mèn sun.
...sesungguhnya, aku gak pernah tahu bagaimana bentukan rebung, sehingga aku googling dan menemukan kalau ia sejenis tunas muda.

Maafkan~
Bisanya cuma makan, kak.
Comment Author Avatar
bisa dicoba nih untuk list masakan selanjutnya. izin bookmark kak :)
Comment Author Avatar
Wuih baru tahu kalau rebung bisa dimasak begini..biasanya dioseng atau dibuat isian lumpia.
Comment Author Avatar
Wah trnyata di china jg ad olahan rebung y... Ibuku jg prnah buat sperti ini...rasanya enak...aku lebih suka olahan rebung yg dtumis dn dkecapin ...yummy
Comment Author Avatar
Terima kasih resepnya pasti akan dicoba karena anak-anakku suka rasa manis kecap 👌
Comment Author Avatar
wah senengnya dapat ide masak yang lain dari biasanya. resep you men sun rebung kecap rebus ini perlu dicoba, nih, soalnya saya penggemar rebung.
Comment Author Avatar
wah kalau di sini kayaknya agak susah nyari rebung kayak gini, mbak. resepnya sih kayaknya mudah ya diikuti kayak masak tempe juga
Comment Author Avatar
Tampilannya kok beda ya dengan rebung yang biasa ada di penjual sini? Mungkin karena biasanya rebung udah diiris tipis2 ya klo di sini, palingan selain untuk isian lunpia, dimasak lodeh gitu deh. Belum pernah yang dibuat rebung kecap rebus gini.