3 Suku Dunia dengan Tradisi Pemakaman Gantung di Tebing, Ngeri!

Suku dengan tradisi pemakaman gantung dunia

Di dunia ini ada banyak sekali suku dengan tradisi dan kepercayaan mereka masing-masing. Dari sebagian banyak suku ternyata beberapa dari mereka memiliki tradisi pemakaman yang terbilang sulit yakni dengan menggantung peti mati di tebing.

Selain memiliki nilai mistis ternyata prosesnya juga bisa dibilang memacu adrenalin. Yuk, simak ulasan di bawah ini tentang suku-suku dunia yag ternyata melakukan pemakaman gantung.

1. Suku Toraja, Indonesia

Makam gantung suku toraja, indonesia
Makam gantung suku toraja/matadornetwork.com

Salah satu suku yang ada di Sulawesi Selatan, Indonesia ini memang terkenal dengan beberapa tradisi mistis yang sering dilakukannya hingga saat ini, sebut saja mendandani kembali mayat telah lama meninggal, menggerakkan mayat serta makam yang digantung di tebing atau goa.

Lebih lanjut mengenai tradisi pemakaman gantung di Toraja ini, biasanya mayat akan dimasukkan ke dalam erong (sebutan untuk peti mati kayu oleh masyarakat suku Toraja) kemudian digantung di dinding bukit dengan balok kayu sebagai penyangganya.

Selain menggantung peti kayu, mayat etnis Toraja juga biasanyadi simpan di dalam lubang yang sengaja di pahat di sisi tebing seperti pemakamn di Bukit Lemo, Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja. Adapun kuburan gantung sendiri berada di Pemakaman Londa, Kete’ Kesu,Tana Toraja.

2. Suku Igorot, Filipina

Makam gantung suku igorot/filipina
Makam gantung suku igorot/thequeensescape.com

Masih di Asia Tenggarayakni Filipina, lebih tepatnya di Lembah Echo, Desa Sagad,Provinsi Bukubundukin, suku Igorot juga memiliki tradisi memakamkanmayat dengan cara digantung di sisi tebing menggunakan tali khusus.

Petik kayu yang digunakan suku Igorot biasanya dibuat oleh orang meninggal itu sendiri semasa hidupnya dan dicat warna-warni dengan beberapa hiasan yang menggantung di sisinya. Selain itu, mayat juga ditidurkan dengan posisi seperti bayi. Dilansir dari BBC bahwa tradisis ini sudah ada sejak 2000 tahun lalu.

3. Suku Bo, Tiongkok

Makam gantung suku bo/tiongkok
Makam gantung suku bo/chinadaily.com.cn

Terakhir, ada suku Bo yang masih berada di daratan Asia yakni Tiongkok. Telah ada 1000 tahun lebih lama dibanding suku Igorot di Filipina, ternyata suku Bo maupun dua suku di atas mempercayai bahwa menggantung peti mati di tebing akan membuat orang yang telah meninggal lebih mudah mencapai surga.

Suku Bo ini dulunya mendiami daerah perbatsan Yunnan dan Sichuan sebelum genosida yang dilakukan oleh dinasti Ming. Makam gantung ini berada di beberapa tempat dan sebagian besarnya berada di sekitar aliran sungai Yangtze, Provinsi Hubei.

Nah,itulah suku-suku dunia yang melakukan pemakaman gantung yang ternyata kesemuanya berada di daratan Asia.Pemakamn ini memiliki nilai sejarah serta kepercayaan mistis bagi suku yang bersangkutan. Ada yang masih melakukan tradisi ini hingga sekarang dan ada pula yang telah meninggalkannya. Lantas bagaimana menurutmu tradisi pemakaman gantung di atas? 


Sumber:

https://www.chinatravel.com/yangtze-river/hanging-coffin

https://www.bbc.com/travel/article/20180405-the-filipino-tribe-that-hangs-its-dead-from-cliffs

13 comments for "3 Suku Dunia dengan Tradisi Pemakaman Gantung di Tebing, Ngeri!"

Comment Author Avatar
Melihat tergantung begitu saja ngeri, tak terbayangkan bagaimana ngerinya saat proses penggantungan peti tersebut. Pastinya memacu adrenalin.
Comment Author Avatar
proses pemakamannya yang mungkin membutuhkan effort lebih ya kayaknya
Comment Author Avatar
Baru tahu bahwa bukan orang toraja saja yang punya tradisional pemakamam ekstrim..
Comment Author Avatar
Iya nih sering banget baaca2 soal Toraja gitu di Indonesia, dan kayaknya antara suku2 tersebut masih serumpun yaa. kalau Toraja sama Filipina kan lumayan deket gituu bentang jaraknya. Rasnya juga ngga begitu jauh bedanya, iya bukan sih?
Comment Author Avatar
wah ternyata ada di China sama Filipina juga, saya kira cuma di Indonesia lo
Comment Author Avatar
Indonesia raya tercinta memnag kaya akan tradisi spirituil. Bangga menjadi warga indonesia. Sangat bermanfaat mba
Comment Author Avatar
Sering diliput karena keunikannya, bggak kebayang deh aku dalam petinya
Comment Author Avatar
Ternyata ada suku lain ya selain suku Toraja. Unik tetapi bikin penasaran untuk lihat upacara ritualnya
Comment Author Avatar
Saya pikir cuma di Toraja aja yang punya tradisi peti mati digantung gitu, ternyata di Filipina dan Tiongkok juga ada, ya.
Kebayang usaha kerasnya untuk menggantung peti di pinggir tebing gitu. Kalau gak hati-hati malah bisa memakan korban orang-orang yang bekerja menggantungkan petinya, ya.
Comment Author Avatar
Ternyata negara lain juga punya tradisi pemakaman yang serupa dengan Toraja, ya. Sejujurnya hal unik semacam ini jadi suatu hal yang istimewa bagi negara kita, tapi memang nggak kebayang prosesnya. Pernah nonton di televisi dan benar-benar butuh perjuangan untuk pemakaman semacam itu. Salut.
Comment Author Avatar
ulas cara pemakaman yang digantung di tebing dong kak. Penasaran saya.
Comment Author Avatar
Waduh, ngeri kalau kata saya Mbak. Tapi, cara menggantungkannya bagaimana ya? sepertinya ada tim khusus yaa
Comment Author Avatar
Wah, baru tahu ternyata di luar negeri juga ada suku yang menggantung peti mati di tebing, ya. Kalau Toraja pernah lihat liputannya di TV. Memang mistisnya dapat banget dan pastinya menantang adrenalin ketika membawa peti ke tebing.