Isola di Loreto, Pulau Berkastil di Tengah Danau Iseo

Isola di Loreto, Brescia, Italy

Jika kamu ingin berkunjung ke salah satu negara eropa yang terkenal dengan wisata romantisnya yakni Italia, pastikan kamu mengetahui Isola di Loreto. Sebuah pulau kecil dengan bangunan kastil di sebagian besar wilayahnya. 

Isola di Loreto sendiri berada di tengah Danau Iseo, Provinsi Brecia, Italia. Menyuguhkan pemandangan menakjubkan dari hamparan pengunungan, Isola di Loreto ini memiliki sejarah kepemilikan yang cukup panjang lho.

Meski saat ini dikatakan bahwa pulau dengan kastil indah ini dimiliki oleh seorang pengusaha kaya raya dari Erbusco, tapi kepemilikan pertama yang diketahui ialah Suster Saint Chiara yang merupakan seorang biarawati di daerah itu sekitar abad ke-15 masehi.

Di masa kepemilikan Suster Saint Chiara ini dibangunlah sebuah biara di atasnya. Namun, kepemilikan pulau ini kemudian berpindah ke Count Alessandro Martinego yang jika ditilik dari gelarnya merupakan seorang bangsawan.

Setelah itu, kepemilikan pulau berpindah ke Duchess Felicita Bevilacqua La Masa yang juga merupkan bangsawan dan seniman di kota venezia.

Barulah pada tahun 1910, Kastil Isola di Loreto dibangun pada masa kepemilikan Vincenzo Richieri yang merupakan kapten angkatan laut kerajaan. Pembangun kastil ini diarsiteki oleh  Lugui Tombola dengan gaya neo-ghotic.

Karena pulau ini adalah milik pribadi maka tempat ini tidak dibuka secara umum dan hanya bisa dinikmati menggunakan perahu setempat.

Menurutmu, Isola di Loreto ini worth it nggak untuk kamu kunjungi?

Note: feature photo Isola di Loreto by foundinitaly.com

7 comments for "Isola di Loreto, Pulau Berkastil di Tengah Danau Iseo"

Comment Author Avatar
Cantik banget deh, semoga bisa ke Otalia dan melihat langsung meskipun nggak masuk kastil gpp tp bisa melukis secara langsung kayaknya bikin happy ya
Comment Author Avatar
Kira-kira gimana akses menuju ke Isola di Loreto, soalnya ini ada di tengah Danau? Ini kan letaknya
di Provinsi Brecia Italia. Kira-kira berapa lama perjalanan kalau mau ke sini dari ibu Kota Italia? Kurang detail sih informasinya
Comment Author Avatar
yaa sayang banget ya kalau gak dibuka untuk umum, padahal kayaknya bangunannya menarik dan instagramable ya, suka deh lihat kastil-kastil gitu kayak princess-princess di negeri dongeng :)
Comment Author Avatar
Terbayang langsung dengan Rapunzel si rambut emas begitu melihat kastil. sayangnya nggak dibuka untuk umum ya.
Comment Author Avatar
Cantik kastilnya, Mbak. Jadi ingat kisah dongeng para princess gitu, deh. Foto-foto di situ kece kali, ya? hehe. Sayang nggak dibuka untuk umum, sih.
Comment Author Avatar
Wisatawan liat dr perahu aja ya. Krn mmg gk dibuka buat umum. Tapi indah ya kastilnya
Comment Author Avatar
Ngebayangin kayak di film-film, kalau tinggal di kastil kayak gitu. Itu letak kastilnya agak terpencil atau gimana? Agak repot ya, kalo jauh dari mana-mana. Hehe