5 Hutan Vertikal Karya Stefano Boeri, Ramah Lingkungan Banget!

Vertical forest by stefno boeri

Dunia arsitek modern saat ini telah banyak mengalami perubahan terutama perubahan dari kaca lingkungan. Stefano Boeri, salah satu arsitek asal Milan, Italia, telah berkonstribusi pada banyak projek bertema green building atau bangunan hijau. 

Karya Stefano Boeri sendiri terdiri dari banyak macam, mulai dari apartemen, sekolah, perkotaan dan masih banyak lainnya. Lebih dekat lagi, ternyata arsitek satu ini telah menyelesaikan beberapa hunian berupa apartemen yang disebut sebagai hutan vertikal di tengah kota. Lalu apa saja hunian tersebut? Berikut ulasannya.

1. Bosco Verticale

Bosco Verticale karya stefano boeri
Bosco Verticale/stefanoboeriarchietti.net

Bosco Verticale ialah sepasang gedung pencakar langit dengan masing-masing  tinggi 80 dan 112 meter yang berada di tengah kota Milan, Italia. Bosco Verticale sendiri berasal dari bahasa Italia yang jika diterjemahkan berarti hutan vertikal. 
Berada di Distrik Porta Nouva, Bosco Verticale ini dibangun sejak tahun 2007 hingga 2014 dan menjadikannya sebagi hutan vertikal pertama karya Stefano Boeri.

2. Ca’ delle Alzaie

Ca’ delle Alzaie by stefno boeri
Ca’ delle Alzaie/Stefanoboeriarchietti.net

Masih di negara yang sama yakni Italia, Ca' delle Alzaie merupakan barisan gedung setinggi 27 meter yang terlihat sederhana namun asri di sepanjang Sungai Sile, Treviso, Italia. Kompleks hunian satu ini memiliki 3 bangunan yang terdiri dari 7 lantai dengan sekitar 120 pohon dan 400 semak yang ditanam di berbagai sisi bangunan tersebut.

3. Easyhome Huanggang Vertical Forest

Huanggang Vertical Forest/stefanoboeriarchietti.net
Huanggang Vertical Forest/stefanoboeriarchietti.net

Negara tirai bambu ini sepertinya memang sedang gencar membangun gedung-gedung hijau. Baru-baru ini ada Huanggang Vertical Forest yang berdiri di atas tanah sekitar 4,54 hektar, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Dibangun sejak tahun 2017 hingga 2021, Huanggang Vertical Forest ini merupakan satu dari tiga hutan vertikal yang ditangani oleh Stefano Beori di Tiongkok. Adapun dua bangunan lainnya ialah Nanjing Tower dan 1000 Trees.

4. Trudo Vertical Forest

Trudo Vertical Forest/stefanoboeriarchietti.net
Trudo Vertical Forest/stefanoboeriarchietti.net

Kembali ke salah satu negara di eropa yakni Belanda, tepatnya di Kota Eidhoven terdapat hutan vertikal yang terdiri dari 19 lantai dengan 125 unit apartemen. Setiap unit memiliki ukuran kurang dari 50 meter persegi dengan tambahan balkon berukuran 4 meter persegi. Balkon-balkon inilah yang menampung sekitar 120 pohon dan 5200 semak.

5. Palazzo Verde

Palazzo verde by stefno boeri
Palazzo Verde/stefanoboeriarchietti.net

Setelah Belanda, kini Belgia juga memiliki apartemen hijau berbentuk L dengan 67 unit di kota Antwerpen. Bangunan ini memliki kisi berukuran 5 meter persegi di setiap unitnya yang berhasil menampung sekitar 1000 semak, 86 pohon dan 1200 tanaman lainnya yang jika diibaratkan setara dengan 780 meter persegi lahan hijau.

Nah, itulah 5 Hunian tema hutan vertikal karya arsitek Stefano Boeri yang jika dikaji lebih luas akan ditemukan banyak proyek hunian dengan tema yang sama. Namun, proyek-proyek tersebut masih pada tahap pembicaraan, kontruksi atau pun finishing
Proyek-proyek yang masih on-going ini ada  Wonderwoods di Belanda, 1000 Trees di Tiongkok, Cairo Vertical Forest di Mesir dan masih ada beberapa lainnya. Lalu, kira-kira Indonesia bakal menggaet Stefano Boeri juga ya jika ada proyek hutan vertikal di masa mendatang?

23 comments for "5 Hutan Vertikal Karya Stefano Boeri, Ramah Lingkungan Banget!"

Comment Author Avatar
vertikal garden ini memang jadi solusi yang bagus. apalagi kalau tinggal di tengah kota gede. tapi yang kadang jadi pertimbangan adalah nyamuk dan sebangsanya hehe
Comment Author Avatar
Gila, keren banget. Jadi tidak hanya bangunan doang yang banyak dibuat, besar, megah, kurang memperhatikan lingkungan sekitar, khususnya penghijauan. Ide yang keren tuh.
Comment Author Avatar
Solusi dan inovasi yang keren dan apik ini Bang. Mengingat lahan dan hutan yang semakin dibabat untuk pemukiman penduduk.

Ini adalah sesuatu yang bisa mengatasi hal tersebut, selain estetik juga dapat menjaga keberlangsungan ekosistem.

Terima Kasih Bang
Comment Author Avatar
Wohooo keren sangaattt

baguusss bgt nih klo ada d Surabaya.

Bisa utk kurangi cuaca yg makin panaasss juga ye kan
Comment Author Avatar
wkwkwkw..entah kenapa pas lihat semua gedung-gedung ini jadi ingat sama games The Last of US II, apa gamesnya terinspirasi karya stefano ya?. Tapi kalau di game itu gak beraturan sih
Comment Author Avatar
Keren keren sekali ya ide dan bangunannya. Arsitek Indonesia saya yakin juga sudah ada yang memiliki ide cemerlang seperti ini.
Comment Author Avatar
"Vertical forest" .. enak ya dipandang mata karena ada warna hijau tanaman yang segar dipandang tapi gimana itu ya perawatannya?
Comment Author Avatar
Selain estetik buat kita yang melihat tapi bagus menjaga keberlangsungan ekosistem lingkungan
Mudah-mudahan di Indonesia diterapkan hal ini ya
Comment Author Avatar
membaca artikel kakak jadi teringat cerita anak di buku DK Wardhani tentang membuat taman menggunakan botol bekas, kreatif ya. Jika ada kemauan di situ pasti ada jalan walaupun lahan terbatas
Comment Author Avatar
Waah, cantiknya gedung2 hijau ini.. Jadi teringat dengan satu gedung hijau di wilayah Gatot Subroto, Jakarta. Seluruh dinding luarnya penuh seperti hutan. Adem rasanya. Salah satu upaya menjaga tempat kita hidup di masa depan.
Comment Author Avatar
Cakep banget ya. Estetis dan fungsional. Indonesia ga ada yang tertarik buat mengadaptasi nih?
Comment Author Avatar
Unik, tapi sangat bagus idenya ya. Bersyukur nih di kita masih banyak lahan. Alhamdulillah meski tidak luas kita mah punya halaman. Masih malas untuk nanam pepohonan? Tuh orang lain mah segitunya sampai nyari lahan ke atas hehehe
Comment Author Avatar
Konsep hutan vertikal ini sangat menarik. Di kota besar yang semakin sedikit lahan kosong tersedia, hutan vertikal ini bisa bikin suasana lebih adem. Memang biaya perawatannya akan bertambah. Tidak cukup hire pembersih gedung saja, tapi tukang kebun juga dibutuhkan 😄.
Comment Author Avatar
Vertical Garden nya keren banget, selama ini aku suka melihat di IG atau gambar di internet, kapan ya bisa melihat langsung bangunan yang ada Vertical Garden hehehe soalnya bangunan di Indonesia jarang ya yang ada Vertical Garden-nya padahal bisa memperindah desain interior bangunan dan membuat udara lebih sejuk.
Comment Author Avatar
Bagus ya arsiteknya memadukan dengan lingkungan. Di Indonesia, ada juga arsitek lokal yang bikin semacam taman di gedung. Di Jakarta, saya pernah liat di kawansan Sudirman. Tiap lantai ada rimbunan taman dan pohon. Lalu di Surabaya ada satu, di pengujung jalan Panglima Sudirman.
Comment Author Avatar
Wah menarik ya aku jadi mupeng punya rumah seperti ini. Ketemu ijo2 naturalnya itu lho.

Aku jadi teringat rumahnya dian sastro . Banyak tanaman rimbun ijo mengjdap ke.perpustakaan pribadinya
Comment Author Avatar
wow cakep-cakep bangunannya ini. cuma kalau terlalu rimbun kayak gambar 1 itu apa nggak ngeri ya jadinya?
Comment Author Avatar
wihh. keren bgt ya vertical gardennya. Solusi buat perkotaan yg sulit menemukan lahan hijau
Comment Author Avatar
Semoga Indonesia juga segera menyusul punya hutan vertikal semacam ini. Hunian tema hutan vertikal karya arsitek Stefano Boeri yang jika dikaji lebih luas karena manfaat baiknya. Ijo dan seger tinggal di situ pastinya, padahal di kawasan perkotaan ya
Comment Author Avatar
Wah keren ya, semoga gedung-gedung di Indonesia banyak yang begini
Comment Author Avatar
Kalau di Indonesia ada kaya gini, tujuan pertamanya kayanya jadi spot foto... Hehe
Comment Author Avatar
Kereen banget yaa..
Selain sang arsitek yang menemukan keunikan desainnya juga bertemu dengan orang sipil yang bisa mewujudkannya dan investor sebagai penyokong dana agar project keren-keren ini bisa terwujud.
Sungguh salut sekali dengan buah karya arsitektural sang maestro, arsitek Stefano Boeri.
Comment Author Avatar
MasyaAllah indah indah banget ya ini mba All. Tapi juga wajib diwaspadai itu yang nomer satu ngeri ada uler hahahah.