3 Hal Kecil ini Sering Dianggap Baik Tapi Berbahaya Bagi Kesehatan

Kebiasaan menyikat gigi

Dalam kehidupan ini ada banyak banyak pro dan kontra yang belum terpecahkan secara ilmiah. Secara alamiah sendiri ada banyak kebiasaan yang sering dilakukan terus menerus bahkan sudah menjadi doktrin bagi kebanyakan masyarakat. Namun siapa sangka bahwa kebiasaan tersebut nyatanya berbahaya bagi kesehatan.

Kebiasaan-kebiasaan ini sering sekali disepelekan namun memiliki dampak yang sangat besar jika dihindari atau dilakukan seseuai dengan jadwal dan porsinya masing-masing.

Meliputi kebiasaan makan, bersih-bersih, dan kecantikan, kebiasaan ini haruslah diubah dan disesuaikan dengan fakta-fakta ilmiah yang telah disebarluaskan saat ini. Pastikan kamu bijak dalam bertindak ya termasuk dalam kehidupan sehari-hari sekecil apapun itu.

Adapun kebiasaan kecil yang yang sering dilakukan tapi berdampak buruk bagi kesehatan ialah sebagai berikut.

1. Menggosok gigi sesaat setelah makan

Perilaku satu ini sepertinya sangat sering terjadi, namun menggosok gigi selepas makan ini menyebabkan abrasi pada lapisan enamel gigi. Hal ini bisa disebabkan oleh pH enzim di dalam gigi yang masih belum netral selepas makan.

2. Meminum teh setelah makan

Teh dapat menghambat penyerapan kalsium dari makanan yang baru saja kami makan oleh zat bernama Tanin. Kebiasaan ini mungkin sering kamu lakukan saat makan di warung, restoran bahkan di rumahmu sendiri. Sebuah kebiasaan makan yang harus dirubah.

3. Meminum terlalu banyak air

rekomendasi volume air yang masuk ke dalam tubuh yakni sekitar 2 liter per hari. Jadi, jika konsumsi air yang kamu minum berlebih maka akan menimbulkan overhidrasi. 

Overhidrasi ini menimbulkan penurunan kadar garam dalam tubuh sehingga sel-sel dalam tubuh akan menyerap air lebih banyak dan berujung pembengkakan dalam tubuh. Pembengkakan ini akan berakibat fatal pada organ tertentu.

Nah, itulah 3 hal kecil yang seringnya kamu anggap baik tapi malah buruk bagi kesehatan.

Note: feature photo by Superkitina from unsplash.com

5 comments for "3 Hal Kecil ini Sering Dianggap Baik Tapi Berbahaya Bagi Kesehatan"

Comment Author Avatar
Dapet ilmu baru bahwa ternyata tubuh manusia tidak boleh berlebihan minum air putih karena dikhawatirkan overdehidrasi. Keren kak artikelnya penuh ilmu. Salam hangat.
Comment Author Avatar
Wah ini mah hal-hal yang sering saya lakukan. Baru tahu ternyata berbahaya. Terima kasih reminder-nya, Kak.
Comment Author Avatar
wah penting banget, padahal kayaknya sepele tapi akibatnya bisa buruk juga, apalagi yang minum teh, sering banget kalo lagi di warung...
Comment Author Avatar
Terimakasih remindernya kak, minum teh sering saya konsumsi setelah makan padahal tak boleh
Comment Author Avatar
wah ini ulasan yang sangat penting namun sering di abaikan. terimakasih min