4 Fakta Eurail, Solusi Keliling Eropa yang Ramah di Kantong

Eurail/Europe Rail

Pengen traveling ke Eropa? Tentu yang menjadi salah satu pertimbangannya adalah budget. Ya, budget keliling Eropa memang tak sedikit. Namun, kamu bisa mengatasi budget yang kurang menggunakan Eurail atau dikenal juga sebagai Europe Rail.

Di bawah ini ada 3 fakta tentang Eurail yang sebaiknya kamu ketahui sebelum menggunakannya.

1. Sejarah Eurail

Sejarah Eurail atau Europe Rail
Sejarah Eurail atau Europe Rail/unsplash.com

Eurail adalah perusahaan pendiri Europe Rail yang mengakomodasi perjalan keliling Eropa menggunakan kereta. Terlah lama berdiri, Eurail sendiri dibentuk pada 1959.

Seiring berjalannya waktu, Eurail yang awalnya hanya memiliki rute 13 negara hingga kini mampu menjembatani 33 negara setelah Latvia dan Estonia bergabung tahun 2020 kemarin.

2. Perbedaan Eurail dan Interrail

Perbedaan Eurail dan Interrail
Perbedaan Eurail dan Interrail/unsplash.com

Europe rail diperuntukkan untuk warga non-Eropa sedangkan Interrail dikhususkan untuk warga Eropa sendiri. Memiliki rentang waktu pendirian yang cukup lama, Interrail mulai dikenalkan pada 1972.

3. Negara-negara rute Eurail

Rute Eurail
Rute Eurail/unsplash.com

Eurail ini dimiliki oleh 35 lebih perusahaan kereta dan pelayaran di Eropa dan hanya ada 33 negara yang bisa berlaku untuk global trains. Adapun negara-negara tersebut ialah Austria, Bulgaria, Denmark, Estonia, Finlandia, Ingris Raya, Montenegro, Hungaria, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Makedonia Utara, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Serbia, Luksemburg, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Turki, Republik Ceko, Kroasia, Perancis, Yunani, Swiss, Belgia, Bosnia, Belanda, dan Jerman.

4. Biaya tiket Eurail

Biaya tiket Eurail dalam Euro
Biaya tiket Eurail dalam Euro/unsplash.com

Biaya Eurail Pass ini tergantung pada jenis kereta yang kamu pesan, ada yang kereta lokal, high speed trains (kereta cepat), kereta internasional dan overnight trains (kereta malam). Selain itu juga bergantung pada agen kereta, barang bawaan dan rute pilihanmu. 

Biasanya Eurail ini berkisar pada €4.5 hingga €35. Kamu juga bisa dapat diskon tiket hingga 50% untuk Private rail yang hanya ada di beberapa negara Eropa. Biaya tiket ini mungkin berubah-ubah sejalan dengan waktu jadi kamu mesti cek secara berkala di web pembelian tiket Eurail.

Nah, sekarang kamu udah tahu kan tentang Eurail? Kamu bisa jadi lebuh hemat saat berkeliling Eropa.

Baca juga:

19 comments for "4 Fakta Eurail, Solusi Keliling Eropa yang Ramah di Kantong"

Comment Author Avatar
Wah, jadi pengen bisa jalan-jalan eropa menggunakan eurail.
Makasih informasinya mba. Walau belum kesampaian, minimalnya saya jadi tahu ada fasilitas ini.
Comment Author Avatar
Saya baru dengernih Kak. Wah pengen banget suatu saat bisa berkeliling eropa dan mencoba mencicipi gimana rasanya naik eurail ini.
Comment Author Avatar
Menarik nih, tapi kapan ya bisa ke Eropa?
Comment Author Avatar
Keren, di satu kereta bisa keliling ke berbagai negara.
Jadi pengen jalan jalan hehehe..
Comment Author Avatar
Asyik sekali tampaknya perkeretaan di Europe ini. Semoga suatu saat bisa ke sana. DUlu penginnya studi, tapi ini umur udah makin merambat naik. Wkwkwk. Shortcourse mungkin bisa jadi jalan. Btw karena negaranya beberapa emang kecil ya, jadi bisa berkereta lintas negara. Kalau dilihat tarifnya pun terhitung masih hemat rasanya.
Comment Author Avatar
Wah, baru dengar istilah ini Mbak, jadi auto pengen coba naik transportasi ini deh. Semoga bisa jalan-jalan ke Eropa.
Comment Author Avatar
Keren sekali y eurail ini...bisa jalan2 lintas negara dgn harga lbh hemat pula...smoga nnt ada kesempatan berkunjung k eropa dn bs cobain nih eurail
Comment Author Avatar
MasyaaAllah keren ya perkeretaan disana. Enak kayaknya tinggal duduk manis bisa antar kota. Semoga suatu saat bisa mengunjungi Eropa dan naik Euraill. Terima kasih sharingnya Mbak.
Comment Author Avatar
Kan saya jadi pengen menjajal Eurail ini. Mana bersih,aman dan tepat waktu ya. Duh pas banget bisa menikmati pemandangan di luar sekaligus
Comment Author Avatar
semoga kapan-kapan bisa kesana lagi, dulu ga sempat jalan-jalan jauh sih, hiks
beberapa kali naik keretanya sih bersih di sana dan tidak padat penumpangnya
yang menyenangkan di Eropa bisa ditempuh menggunakan kereta atau bis karena lokasinya satu daratan hanya Inggris yang berbeda pulau
Comment Author Avatar
Info yang menarik, Mbak. Saya baru tahu tentang Eurail dan sejarahnya. Pengin juga suatu saat keliling Eropa. Seru nih pastinya...
Comment Author Avatar
Menarik, nih. Semoga diberi rezeki bisa jalan-jalan ke Eropa naik Eurail, aamiin. Berarti harus pinter-pinter atur jadwal keliling ya mbak biar dapat murah naik keretanya.
Comment Author Avatar
Keren banget artikelnya, berasa diajak jalan virtual internasional
Comment Author Avatar
Saya penasaran dengan perbedaan antara Eurail dan Interrail. Penjelasan diatas bahwa Eurail untuk warga Non eropa dan Interail untuk warga Eropa. Apakah ada alasan lain kenapa dipisah, bukankah itu termasuk angkutan umum? Rasanya seperti ada perbedaan kasta ya 🙂
Comment Author Avatar
Pasti rasanya menyenangkan bisa berkunjung ke Eropa trus coba keliling Eropa pake eurail. Dulu pernah punya impian ke Eropa, semoga masih bisa tercapai ya. Eh, tapi, ini beneran dibedakan antara warga asli Eropa dan bukan?
Comment Author Avatar
Masya Allah. Pasti keren ya kak. Bisa menjelajah keliling Eropa. Semoga suatu saat bisa pergi ke sana.
Comment Author Avatar
bismillah tahun 2027 bisa menikmati euril di europe aamiin
Comment Author Avatar
Wah, seru. Jadi makin pengen ke eropa hehe. Semoga tak hanya mimpi. Aamiin
Comment Author Avatar
Iya nih saya sering baca cerita tentang eurail ini. Ternyata memang khusus untuk non eropa