Tak Disangka, 6 Produk Ini Ternyata Mengandung Plastik Berbahaya

Produk makanan dan skincare mengandung plastik

Saat ini banyak sekali ditemukan produk-produk berbahaya yang mengancam banyak pihak baik dari segi lingkungan, hewan dan manusia itu sendiri.

Salah satu yang telah menjadi perbincangan yang sangat rumit sekarang ini ialah penggunaan plastik dalam kehidupan. Memang bermanfaat, namun dampaknya jauh lebih berbahaya dan sebenarnya penggunaan plastik masih bisa digantikan dengan produk lain yang lebih alami.

Nah, dari banyaknya sekelumit tentang palastik, berikut 6 produk sehari-hari yang ternyata mengandung plastik.

1. Kertas Minyak Makanan

Kertas minyak makanan

Dilansir dari lipi (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) bahwa Kurunthachalam Kannan, Ph.D, seorang ilmuwan riset di New York State Department of Health, menyatakan bahwa BPA atau bisphenol A pada kertas pembungkus makanan memiliki tingkat konsentrasi yang sangat tinggi. Bisphenol A sendiri digunakan untuk melapisi kertas agar lebih tahan panas.

Bisphenol A ini disebut mirip dengan hormon esterogen yang mempengaruhi masalah reproduksi, seksual dan perkembangan perilaku anak.

2. Kertas Struk Pembayaran

Kertas Struk pembayaran

Untuk meningkatkan warna tintanya, kertas struk atau bukti hasil pembayaran juga menggunakan bisphenol A seperti kertas makanan di atas.

Dengan penelitian yang berbeda, Joseph Braun, Ph.D, seorang peneliti dari Harvard School of Public Health menunjukkan hasil penelitian bahwa para perempuan hamil yang bekerja sebagai kasir memiliki tingkat paparan bisphenol A 30% lebih tinggi daripada perempuan hamil dengan pekerjaan lain seperti dilansir pada lipi.

3. Microbeads pada produk self and skincare

Microbeads skincare

Microbeads atau manik mikro ini biasa digunakan pada produk seperti pasta gigi, scrub dan exfoliator.

Menurut Downtoearth, beberapa negera telah melarang penggunaan microbeads ini seperti Kanada (Cosmetics Alliance Canada), Perancis (French Federation of Beauty Companies) dan Inggris (Cosmetic, Toiletry and Perfumery Association).

4. Kantung Teh Celup

Kantung teh celup

Siapa yang menyangka bahwa dalam satu kantung teh celup mengandung milyaran mikroplastik? Hal ini berdasarkan dari sebuah penelitian di McGill University, Kanada.

Dilansir oleh CNN Indonesia bahwa para peneliti tersebut menemukan satu kantung teh bisa melepaskan sekitar 11,6 miliar partikel mikroplastik dan 3,1 miliar partikel nanoplastik ke dalam gelas atau cangkir.

5. Permen Karet

Permen karet

Berdasarkan Ekowatch, sebuah penelitian di Islandia menunjukkan 85% orang tidak tahu bahwa permen karet mengandung plastik. Nah, Kamu udah tahu, belum?

Kebanyakan permen karet sendiri terbuat bahan campuran plastik dan bahan kimia lain seperti polietilen yang mana juga terkandung pada kantong dan botol plastik. Bahan-bahan inilah yang memberikan aspek kenyal pada permen karet, hal ini dilansir oleh plasticchange.org.

6. Coffe Cup

Coffee cup paper

Kebanyakan dari kamu mungkin mengira bahwa coffee cup hanya terbuat dari kertas, tapi kenyataannya coffee cup mengandung lapisan polietilen. Lapisan polietilen inilah yang membuat coffee cup tahan air.

Sudah tahu, kan? Bijaknya sekarang ini kamu harus berhati-hati dalam memilih produk yang kamu gunakan sehari-hari.

Sumber foto: unsplash,eecowarriorprincess, halodoc, nibble, gobiz

15 comments for "Tak Disangka, 6 Produk Ini Ternyata Mengandung Plastik Berbahaya"

Comment Author Avatar
terima kasih kak atas informasinya, kebetulan barang barang yang disebutin ini sehari hari banget pasti ada
Comment Author Avatar
Barang-barang yang disebutkan artikel mbak merupakan barang-barang yang kira jumpai sehari-hari.
Kira-kira pengganti barang tersebut sudah ada belum ya?
Comment Author Avatar
Ada kok kak, misal bungkus nasi bisa pake daun pisnag. Yah back to nature aja
Comment Author Avatar
iya kak barang-barang di sekitar kita ternyata kandungannya serem juga ya, pants sekarang penyakt makin banyak yang aneh-aneh. saya juga pernah baca struk itu tintanya juga ada kandungan berbahaya, gak langsung membahayakan sih tapi paling enggak jadi aware dan langsung buang kalo udah gak dibutuhin
Comment Author Avatar
thank you for sharing mba.... jadi kita musti membatasi ya penggunaannya kalau memang masih bisa dihindari. kalau ada pilihan lain yang lebih ramah lingkungan dan sehat mungkin kita bisa alihkan, tapi kadang kita dihadapkan pada situasi ga bisa milih yah.... atau perlu nih didorong anak-anak muda juga kita-kita untuk berinovasi produk kemasan dll yang aman bagi kesehatan serta ramah lingkungan
Comment Author Avatar
Berarti kalau mau aman, tetap bawa wadah sendiri, kali ya, Mbak?
Comment Author Avatar
Penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari memang tidak dapat dihindarkan, tapi mengurangi penggunaannya untuk kesehatan diri dan lingkungan bersama adalah keharusan.
Comment Author Avatar
Makasih udah share tentang hal ini kak. Saya jadi lebih aware tentang penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari
Comment Author Avatar
Plastik emang lekat dengan kehidupan sehari-hari. Dan pastinya sulit dihindari, jadi emang harus pintar-pintar menyiasatinya aja kali ya..
Comment Author Avatar
Hampir semua produk lekat banget sama kehidupan sehari-hari
Mungkin secara dratis belum bisa tapi berusaha mengurangi penggunaan
Terima kasih informasinya kak
Comment Author Avatar
Ya Allah aku baru tahu dan gak menyangka jika produk2 yang disebutkan di atas mengandung bahan berbahaya .

Karena asumsinya kan kertas ternyata ada kandungan yang berbahaya. Seperti kertas bunhkus misanya kan ya. Banyak warung makan yg pakai itu
Comment Author Avatar
Detergen dan pasta gigi juga mengandung microplastik ya, emang ngeri-ngeri sedep kalau idh bahas yang ginian
Comment Author Avatar
wah mantap nih mas informasinya, buat kesehatan, saya juga baru tahu, terima kasih, semoga membantu yang lain juga.
Comment Author Avatar
Waduh, itu kertas minyak juga ya. Iya sih biar ga belepotan tp rada was was juga kalo kandungannya melebur ke makanan 😅