Ada Asia, 9 Kastil ini Terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO

Malbork Castle


Kastil adalah salah satu bangunan bersejarah yang memiliki filosofi, arsitektur, nilai budaya yang sangat kental serta unik untuk dibahas. 

Dari sekian banyak kastil dunia ada beberapa di antaranya masuk ke dalam warisan dunia UNESCO di antaranya sebagai berikut.

1. Mir Castle Complex (Belarus)

Mir Castle
Mir Castle/wch.unesco.org

Dibangun oleh Duke Juryj Ivanavič Illinič, Mir Castle ini dimulai pembangunannya pada abad ke-15 di kota Mir, lebih tepatnya di Distrik Kareličy.

Kastil ini mengusung gaya Gotik pada permulaan pembangunannya kemudian diselesaikan dengan tambahan gaya Renaissance dan Barok. Perpaduan ketiga gaya bangunan menjadikan Mir Castle sangat kaya akan arsitektur Eropa.

2. Litomyšl Castle (Republik Ceko)

Litomyšl Castle
Litomyšl Castle/wch.unesco.org

Pada tahun 1999, Litomysl Castle ini bergaya Renaissance dan merupakan kastil terbesar di ceko yang menganut gaya tersebut. Tetapi pada akhir abad 18, interior  kastil ini desain ulang menggunakan gaya Late Baroque.

3. Kronborg Castle (Denmark)

Kronborg Castle
Kronborg Castle/planetware.com

Kastil yang juga berfungsi sebagai benteng ini dulunya menjadi tempat proses pembayaran pajak bagi kapal yang keluar masuk Laut Baltik. 

Kastil ini dirancang oleh dua artsitek Flemish yakni Hans Hendrik van Paesschen dan Anthonis van Obbergen.

4. Augustusburg dan Falkenlust Castle (Jerman)

Augustusburg dan Falkenlust Castle

Berada di Brühl, Jerman, Kastil ini memiliki taman lanskap yang begitu menawan dengan aula yang berfungsi sebagai tempat konser. Didesain oleh arsitektur kenamaan, Rococo, kastil ini disebut sebagai salah satu mahakaryanya.

5. Warthburg Castle (Jerman)

Warthburg Castle
Warthburg Castle/bitannica.com

Setelah Augustusburg dan Falkenlust Castle pada tahun 1984, Jerman kembali berhasil memasukkan salah satu situs budayanya ke dalam daftar warisan dunia UNESCO pada tahun 1999 melalui Warthburg Castle ini.

Kastil yang berada di kota Eisenach ini dulunya adalah tempat tinggal St. Elisabeth dari Hungaria, lho.

6. Castle del Monte (Italia)

Castle del Monte
Castle del Monte/viator.com

Berdekatan dengan biara Santa Maria del Monte, Kastil ini berada di atas bukit dengan ketinggian 540 m di daerah Andria, Italy.

Hampir sama dengan kastil di atas, del Monte ini juga berfungsi sebagai benteng. Namun, banyak pendapat yang mengatakan bahwa kastil ini awalnya tidak dibangun dengan fungsi tersebut karena tidak memiliki jembatan dan parit.

7. Himeji Castle (Jepang)

Himeji Castle
Himeji Castle/sakurakita.com

Pernah dengar nama kastil ini? Ya, kastil ini adalah salah satu dari beberapa kastil yang ada di Jepang dan menjadi satu-satunya yang terdaftar dalam UNESCO.

Kastil yang dibangun oleh Akamatsu Sadanori ini disebut-sebut dulunya memiliki ukuran yang kecil dan barulah diperluas oleh Kuroda Shigetaka pada abad ke-16.

8. Castle of the Teutonic Order in Malbork (Polandia)

Malbork Castle
Malbork Castle/lonelyplanet.co

Kastel yang singkatnya disebut Malbork Castle ini masuk ke dalam warisan dunia UNESCO pada tahun 1997 dan disebut sebagai kastil terbesar dunia berdasarkan luas tanahnya yakni sebesar 21 hektare.

9. Castles and Town Walls of King Edward in Gwynedd (Inggris)

Castle and Town Walls of King Edward/pinterest.com

Tempat satu ini adalah kumpulan dari beberapa kastil karena terdapat empat kastil di dalamnya yakni Beaumarish Castle, Harlech Castle serta dua kastil lainnya yang juga berfungsi sebagai tembok kota yakni  Caernarfon dan Conwy.

Kastil ini bisa disebut sebagai sebuah kesatuan yang memiliki nilai artistik dan militer terbaik pada masanya.

Dari sekian banyak yang masuk ke dalam warisan dunia UNESCO di atas di mana nih yang termasuk "it's my dream" versi kamu? Pastikan kamu segera mengujunginya, ya.

Sumber: wch.unesoc.org dan wikipedia

20 comments for "Ada Asia, 9 Kastil ini Terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO"

Comment Author Avatar
suka banget sama arsitektur kastil no 6. uniiikk 😍
itu di atas bukit ya?
Comment Author Avatar
Wah. Seru ya lihat gambarnya aja udah kebayang tu. Semoga bisa berkunjung ke Augustusburg dan Falkenlust Castle (Jerman)
Comment Author Avatar
berharap di Indonesia ada ternyata jepang ya, mungkin bs di tulis tuh kastil2 di tempat kita dimana saja gitu ya
Comment Author Avatar
Aaa, bikin gelora travel naik, nih. Aku pernah ke Kastil Himeji, tapi waktu itu masih renovasi. Penasaran sekarang bagaimana.
Comment Author Avatar
Suka banget kalau ada tulisan yang kayak On The Sport itu. 7 Keajaiban Dunia, 7 Hewan Langka, dan lain-lain. Makasih kak.
Comment Author Avatar
Suka sekali dengan penampakan Litomyšl Castle di Republik Ceko. Masuk list my dream dech. Mudah-mudahan suatu saat bisa berkunjung ke sana. Amin
Comment Author Avatar
Kalau inget kata kastil dalam memoriku adalah film luar yang horor wkwk
Dan kastil biasanya lekat dengan agama nasrani, bener kan? Biasanya dipakai buat tempat ibadah agama mereka. Aku lihatnya di film gitu sih
Comment Author Avatar
Semua pingin donggg kalau ada kesempatan, pasti menyenangkan jalan-jalan di kastil yang jadi warisan dunia. Tapi untuk saat ini aku lebih pingin ke Himeji Castle sih mbaa. Semoga yahh
Comment Author Avatar
Dari 9 kastil warisan dunia di atas, memang Jepang yang paling memiliki kesan dekat dengan alam. Mungkin memang pengaruh juga dengan kepercayaan Zen dari mereka sendiri.
Comment Author Avatar
Kereeen banget kastil-kastilnya! Semoga suatu saat bisa mampir ke salah satu atau beberapa nya, Amiin!
Comment Author Avatar
Bangunan kokoh dengan arsitektur keren dan sejarah panjang yg dimilikinya seperti ini memang sudah layak menjadi warisan budaya ya.
Comment Author Avatar
bangunan yang penuh dengan sejarah dan memiliki arsitektur yang otentik. apa ada lagi kastil yang masuk UNESCO selain 9 di atas tadi ya, apa di Indonesia ada juga?
Comment Author Avatar
Dari dulu penaasaran sama kastil-kastil yang bangunannya sering lihat di film-film. Mudah-mudahan dikasih kesempatan buat berkunjung ke sana, apalagi yang udah masuk ke daftar situs warisan dunia UNESCO. Semogaaa hihi
Comment Author Avatar
Waw, keren banget... Berasa lagi di negeri dongeng. Kayak di barbie2 juga. Jadi pengen liat langsung ke sana. Hehe
Comment Author Avatar
Sekarang aku ngerti kenapa orang-orang Jerman banyaknya nikah di kastil-kastil. Soalnya memang di sana surganya kastil warisan dunia. Waaah, daebak.
Comment Author Avatar
Pengen kunjungin semuanya bareng istri aamiin
Comment Author Avatar
Jepang emang kaya banget budaya sama peninggalan sejarahnya dan itu dirawat banget sama pemerintah sana. Semoga kapan-kapan bisa berkunjung ke sana ya. Aamiin
Comment Author Avatar
orang-orang dulu kalau bikin bangunan selalu menarik, selalu ada nilai sejarahnya..