4 Produk Ini Jadi Solusi Ramah Lingkungan saat Menstruasi

Solusi produk ramah lingkungan saat menstruasi

Semakin berkembanganya teknologi semakin banyak manfaat yang diterima. Namun, di sisi lain tak sedikit pula dampak buruk yang mulai bermunculan sebut saja dampak negatif lingkungan.

Untuk mengurangi dampak negatif bagi lingkungan, manusia sudah mulai sadar untuk hidup lebih ramah lingkungan, contohnya saja penggunaan produk menstruasi bagi wanita. 

Berbicara produk menstruasi, berikut 4 produk yang bisa jadi solusi ramah lingkungan saat periode menstruasi tiba.

1.  Menstrual Pad/Pembalut Kain

Menstrual Pad/Pembalut Kain
Menstrual Pad atau Pembalut Kain/instagram.com @pina_natural_organico

Ya, produk satu ini sudah banyak dipilih wanita saat ini untuk dijadikan solusi ramah lingkungan saat datang bulan tiba. Selain cukup murah, penggunaannya juga hampir sama dengan pembalut pada umumnya.

Namun, kamu harus rajin mencuci menstrual pad ini agar tidak muncul bekas flek di kainnya.

2. Menstrual Cup

Menstrual Cup
Menstrual Cup/instagram.com @sutaination

Menjadi perbincangan yang menciptakan pro dan kontra, produk satu ini memang sering buat wanita beranggapan negatif. Akan tetapi, kamu tidak usah khawatir karena produk ini aman digunakan selama mengikuti petunjuk pemakaian.

Sesuai dengan namanya, menstrual cup ini berbentuk cawang prisma yang terbuat dari silikon elastis. Keunggulan menstrual cup ini ialah penggunaannya sangat efisen untuk kamu yang banyak gerak dan malas mencuci pembalut. Selain itu, produk ini bisa kamu gunakan hingga 10 tahun lamanya.

3. Menstrual Panties/Celana Dalam Menstruasi

Menstrual Panties/Celana Dalam Menstruasi
Menstrual Panties atau Celana Dalam Menstruasi/instagram.com @moonrise

Pengen yang nyaman dan serasa nggak pakai pembalut? Mestrual panties ini bisa kamu jadikan opsi unggulan. 

Moonrise (@moonrise), salah satu brand yang menghadirkan menstrual panties di Indonesia mengklaim produknya super absorbent dengan daya serap 3x lebih baik dari pembalut reguler.

Kamu juga nggak usah khawatir karena produk ini tidak tebal dan nyaman dipakai.

4. Pembalut organik sekali pakai

UMA Women Pembalut Ecofriendly
UMA Women Pembalut Ecofriendly/instagram.com @umawomen

Modern ini, sudah ada pembalut sekali pakai dari bahan-bahan lingkungan, contohnya saja ada produk UMA Women (@UMAWomen) di mana pembalutnya terbuat dari 100% katun yang ultra soft dengan penyerap menggunakan selulosa tumbuhan. Plastik pembungkus pembalutnya pun terbuat dari tumbuhan atau disebut juga bioplastic.
Kemasan pembalut ini juga eco-friendly dengan menggunakan box kardus. Kamu juga nggak usah khawatir soal harga pasalnya produk ini cukup murah dengan harga sekitar Rp 30.000 per box.

Dari beberapa produk ramah lingkungan di atas di mana nih yang jadi solusi terbaikmu saat menatruasi? Harapannya, kamu sudah mulai sedikit demi sedikit menggunakan produk yang ramah lingkungan termasuk produk mestruasi. 

Baca juga:

12 comments for "4 Produk Ini Jadi Solusi Ramah Lingkungan saat Menstruasi"

Comment Author Avatar
Masyaallah thank you infonya min sangat bermanfaat🙏
Comment Author Avatar
Bermanfaat banget dong, d tnggu artikel lainnya
Comment Author Avatar
Pembalut organik ini menarik juga dibanding yang lainnya. Kalau harus memilih di antara semuanya, saya pilih yang organik sekali pakai. Kenapa? Karena belum siap pakai yang selain itu deh. Apalagi menstrual cup :D
Comment Author Avatar
Ini jadi seperti balik ke zaman dulu lagi, hihihiii... Dulu saya pakainya pembalut kain. Bentuknya belum seperti sekarang, masih seperti handuk kecil yang dilipat berlapis. Kekurangannya, tentu saja rawan bocor dan harus sesering mungkin ke toilet untuk menggantinya agar tidak tembus. :)
Comment Author Avatar
Zaman pertama kali menstruasi aku pakai bahan handuk lo Mba. Enak. Sampai sekarang gantian sih. Eh, yang bahan organik belum pernah coba tuh. Bolehlah lain kali coba pakai.
Comment Author Avatar
menstrual cup, saya masih maju mundur nih untuk mencobanya apalagi ada IUD kok saya jadi ngilu hihih, padahal bisa lebih hemat ya apalagi bisa digunakan hingga 10 tahun.
Comment Author Avatar
penasaran diriku dengan pembalut organik ini. maksudnya dia dari bahan organik dan bisa langsung hancur gitu ya setelah dipakai?
Comment Author Avatar
Yang natural dan organik dipercaya lebih aman untuk tubuh kita, ramah lingkungan dan jauh lebih hemat. Hanya saja.. orang sekarang terkadang terjebak pada kesibukan sehingga ( entah terpaksa atau menikmati) memilih sesuatu yang instan, termasuk pembalut
Comment Author Avatar
Sya gk bisa ngebayangin yang Cup ya kak. Pasti ngilu sakit kalau dicoba. Sya mending pakai yang sekali pakai sih. Tapi memang harus organik ya kak, untuk mengurangi limbah juga
Comment Author Avatar
Saya pribadi belum berani menggunakan pembalut ramah lingkungan. Jujur saya tidak telaten harus mencuci dan jemur. Namun saya apresiasi dengan adanya produks pembalut ramah lingkungan ini
Comment Author Avatar
Senang deh sekarang sudah muncul alternatif pembalut organik. Nggak hanya satu tapi ada 4 pilihan pula. Kalau disuruh milih di antata keempat jenis pembalut di atas saya sepertinya tertarik dengan Menstrual Panties kelihatan lebih prakti. Cuma penasaran aja itu cocok gak ya buat yang mentsruasinya sering banjir