Resep Sup Ubi Khas Makkassar, Cocok Banget Disantap Pas Musim Hujan

Sup Ubi Makassar bisa jadi pilihan comfort food yang manjakan lidah, murah, dengan cita rasa nusatara. Cocok dinikmati saat hujan!

Resep sup ubi khas makassar
Sup ubi makassar (dok. Allamandawi)

Sup ubi menjadi salah satu hidngan populer di makassar serta daerah sulawesi selatan lainnya. Hidangan satu ini biasa disajikan diberbagai acara, seperti arisan, kumpul keluarga atau kerabat dan lainnya.

Jenis ubi yang paling sering digunakan untuk membuat sup ini yakni singkong, meski tidak menutup kemungkinan juga menggunakan ubi jalar.

Terdapat campuran bahan esensial lainnya dalam sup ini seperti daging ayam, mie, baik bihun, sohun atau jenis lainnya, serta beberapa bumbu penyedap yang membuat kaldu sup lebih maknyus. 

Kamu yang ingin mencicipi kelezatan sup ubi makassar ini bisa intip resep lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Resep Bubur Candil Kentang, Kenyal dan Simpel Buatnya

Bahan-bahan:

Bahan utama:

  • Ubi kayu
  • Daging ayam
  • Tauge
  • Bihun
  • Air
  • Kaldu bubuk
  • Garam
  • Minyak Goreng

Bahan bumbu:

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Kemiri
  • Ketumbar
  • Merica

Bahan pelengkap:

  • Kacang tanah oseng
  • Daun bawang
  • Bawang goreng
  • Seledri
  • Jeruk nipis
  • Sambal

Cara membuat:

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus kemudian ditumis,
  2. Selain itu, masak daging ayam hingga empuk kemudian tambahkan air dan tumisan bumbu halus,
  3. Setelah itu tambahkan kaldu dan penyedap rasa lainnya sesuai selera,
  4. Goreng ubi kayu hingga sedikit kecoklatan, jika ingin ubi memiliki tekstur yang empuk dan tidak keras maka sebaiknya ubi dikukus terlebih dahulu,
  5. Seduh tauge dan bihun dengan air panas hingga layu kemudian sisihkan,
  6. Setelah semua selesai, tata semua bahan ke dalam mangkuk mulai dari bihun, tauge, telur rebus, ubi goreng kemudian disiram dengan kuah daging ayam,
  7. Tambahkan bahan pelengkap seperti kacang oseng, seledri, daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis dan sambal sesuai selera,
  8. Sup Ubi siap disajikan.
Resep sup ubi singkong khas makassar
Sup ubi makassar (dok. Allamandawi)
Bahan yang terlihat komplit membuat cita rasa sup ubi makassar sangat nikmat untuk disantap. Kuahnya yang gurih, sangat menyatu dengan singkong goreng yang krispi dan lembut di bagian dalamnya. 

Tambahan pelengkap seperti sayur, kacang-kacangan dan telur pun mampu memainkan peran yang sangat esensial dalam memperindah cita rasanya. Untuk itu, pastikan kamu mencoba sup ubi khas makassar, ya!

Baca Juga: 6 Jenis Mie Kuah Khas Vietnam, Patut Dicoba (+RESEP)

15 comments for "Resep Sup Ubi Khas Makkassar, Cocok Banget Disantap Pas Musim Hujan"

Comment Author Avatar
saya baru saja makan malam menu mie, tapi jadi laper lagi nih gara-gara foto sup ubi bikinan kakak. sepertinya seger banget dengan kuah.
Comment Author Avatar
Makassar ini memang juara deh kulinerannya. Saya belum pernah nih makan sup ubi, baru denger juga ada makanan khas makassar ini. Tampilannya enak yaa, kayaknya gurih deh ubi dicampur sama kuah gitu.
Comment Author Avatar
Ya ampyuun, saya baru tahu kalau ubi bisa dijadikan sayur selain gorengan. 😅
Comment Author Avatar
Baru tahu ada menu seperti ini di indonesia. Jadi pengen nyobain masak resepnya. Hihi save resepnya dulu. Makasih ya sudh berbagi resep
Comment Author Avatar
Nyaamm..nyaamm~
Ubi bisa dijadikan sup segar dan hangat seperti ini bikin badan hangat. Biasanya aku suka bingung banget kalo Mang belanja maksa beli ubi selain digodog dan digoreng.

Inspiratif menu Sup Ubi Khas Makkassar bisa dicobain nih..
Comment Author Avatar
Aku pernah tinggal di Makassar, Kak. Dan tetangga pernah kasih sup ubi, Masyaa Allah enaknya. Sup ubi ini bisa dari sup daging juga ya kan.
Comment Author Avatar
Ya ampun, sungguh saya baru lihat, kirain mie rebus campur ubi eh singkong. Kalau teman saya pasti menertawakan itu. Pasti dia bilang karbohidrat kok sama karbohidrat lagi?
Hem... Dia ga tahu kuliner lokal seperti ini pastinya
Comment Author Avatar
Seumur-umur saya baru tahu kalau singkong bisa dimasak sup. Selama ini tahunya cuma direbus dan digoreng. Terima kasih atas resepnya ya, Kak, jadi pengin nyobain..
Comment Author Avatar
Ya Allah, cinna ku kodong liat ki foto sup ubi. mau ku tong makan ki. apa daya anak rantau, di kota kembang mana ada sop ubi. Baca resepnya kapan2 bisa dicoba
Comment Author Avatar
Meski karbonya banyak banget, ada ubi, bihun, soun, penampakannya menggoda sekali ini...Mantap, pengin coba bikin , saya belum pernah makan Sup Ubi. Makasih resepnya
Comment Author Avatar
Wah baru kenal saya dengan sup ubi ini. Tadi lihat sekilas penampakannya mirip dengan soto ya Mbak. Hanya saja, toping utamanya ubi goreng. Penasaran juga dengan rasanya. Pas banget disantap ketika masih hangat nih.
Comment Author Avatar
Unik nih, sup menggunakan kemiri, kuahnya jadi lebih kental ya? saya baru tahu sup ubi, penasaran rasanya kok ubi dijadikan sup, ada kemirinya juga. Hmm bagaimana rasanya ya
Comment Author Avatar
saya belum cobain sup ini mba, pengen cobain rasanya kebetulan saya suka dengan ubi, biasanya kalau di daerah saya ubi itu dikolak, atau dikukus atau digoreng
Comment Author Avatar
Eh, unik, nih. Sepertinya bakalan mantul soalnya ubi kayi atau singkong sendiri udah punya rasa yang enak.
Comment Author Avatar
Wahhh baru tau ada sup ubi ini. Unik juga ya komposisi dan bumbunya. Baru kali ini tau bumbu sup yang ditambah dengan kemiri dan ketumbar. Boleh juga nih dicoba.