Artani vs Sustain Story, Dua Toko Ramah Lingkungan Asal Makassar


Artani Vs Sustainstory

Sekarang ini telah ramai dibicarakan tentang Climate Crisis atau krisis iklim di semua kalangan. Banyak di antara penduduk bumi sekarang ini telah sadar akan pentingnya gaya hidup yang ramah bagi bumi ini.

Salah satu gaya hidup yang turut andil dalam pencegahan krisis iklim yang terus berlanjut adalah dengan membeli bahan makanan, keperluan rumah dan lainnya secukupnya.

Nah, perilaku yang mendukung hal ini adalah berbelanja di bulk store atau toko grosir di mana kamu dapat memilih jumlah dan atau berat barang yang kamu inginkan.

Adapun bulk store yang ada di Makassar ialah Artani dan Sustainstory. Berikut adalah penjelasan tentang dua toko ramah lingkungan tersebut.

1. Artani

Artani bulkstore
dok. Artani Bulkstore

Sepertinya dari nama toko tersebut sudah cukup menggambarkan tentang produk di dalamnya. Ya, toko ini menjual beberapa produk pertanian yang sangat dibutuhkan dalam keseharianmu. 

Dibuka sejak tahun 2020 kemarin, lagaknya toko ini cukup diminati oleh muda-mudi di Makassar. 

Menyajikan berbagai macam tea herbal nan aesthetic menjadi daya tarik sendiri di toko ini. 

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan produk-produk home and body care yang terbuat dari bahan alami seperti Lerak, sabun mandi, deterjen bubuk alami, sikat gigi kayu dan masih banyak lainnya.

Buat yang mau kepoin toko ini langsung saja ke instagram account-nya @artani.id.

2. Sustain Story

Sustainstory
dok. Sustainstory

Dibuka sejak April tahun 2021 ini, Sustainstory pun menyajikan proses penjualan serta produk-produk  ramah lingkungan dan sustainable atau berkelanjutan. Untuk produk sustainable sepertinya Sustanstory memiliki lebih banyak pilihan produk seperti Deusable Mestrual Pad, Tumbler, Tas Kain, Wadah Makanan, Pump Bottle dan masih banyak lainnya.

Uniknya, di sini kalian bisa refill atau isi ulang produk rumahan seperti sabun cuci piring, sabun mandi dan sabun cuci tangan cair.
Sustainstory
dok. Sustainstory Refill Station

Kalian bisa cek lebih banyak produk di toko ini melalui official instragram mereka di @sustainstory

Jadi itu dia dua toko ramah lingkungan asal Makassar. Untuk kamu yang ingin memulai gaya hidup sehat baik untuk diri sendiri maupun bumi, dua toko ini bisa jadi pilihan kamu.

10 comments for "Artani vs Sustain Story, Dua Toko Ramah Lingkungan Asal Makassar"

Comment Author Avatar
keren banget sih toko artani. kalau di tasikmalaya juga ada kerajinan yang terkenal itu di kp naga
Comment Author Avatar
Bulk store memang sudah ada dimana-mana ya, senengnya masyarakat sekarang sudah mulai beralih ke yg organik :D
Comment Author Avatar
Wah menariikkkk. Aku pernah ke tempat kayak gini di jogja. Pas mau beli ternyata harus bawa wadah sendiri ya hehe
Comment Author Avatar
Idenya brilian sih memang. Menggunakan bahan-bahan yang tahan lama dan terbuat dari alam, memang membantu kita untuk melestarikan lingkungan
Comment Author Avatar
Design dari kedua toko keren abis. Selain itu produk-produknya juga masih menggunakan bahan alami yang aman dan ramah lingkungan. Pas banget buat yang menerapka hidup eco friendly. 😉
Comment Author Avatar
Nah kalau ke toko artani bareng suamiku, khawatir perabot di rumah bakal dia ganti dengan model kayu semua wkwk
Comment Author Avatar
Produk2nya juga unikkk, banyak dipakai skrg buat hampers gitu yaah, jadi pengeennn >.< sayang jauh
Comment Author Avatar
Produk ramah lingkungan saat ini menjadi salah satu concern menjaga lingkungan. Toko tokonya menarik banget. Otw ceki ceki di ig hehehe
Comment Author Avatar
sangat inovatif, ramah lingkungan, semoga semakin banyak orang-orang yang lebih menyayangi lingkungan, keren-keren juga produknya, kreatif, selamat hari bumi.
Comment Author Avatar
kak ulas juga dong pasar papringan. dia juga angkat tema sustainable living. jual makanan tradisional (semua dari alam), kerajinan tangan dari alam. kereeen